TNI AL-Dispen Puspenerbal (11/9/2023) | Penuh khidmat, Seluruh personel Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) yang berada di wilayah Juanda mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-78 TNl Angkatan Laut yang digelar di Apron Hanggar Pasharkan Pesawat Udara, Lanudal Juanda, Senin (11/9/2023).

Wakil Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNl Bayu Alisyahbana memimpin jalannya upacara yang juga dihadiri Dirrenbang Kolonel Laut (P) M. Tohir, Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Catur Sigit, Dirlog Puspenerbal Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari, Dirpers Puspenerbal Kolonel Laut (P) Zainul, Dirlambangja Kolonel Laut (P)  Andri Wahyudi, Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Dankolat Penerbal dan perwira staf lainnya.

Panglima TNI Laksaman TNl Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Puspenerbal mengucapkan selamat Hari Jadi ke-78 kepada seluruh prajurit Jalasena, PNS dan keluarga besar TNI AL di manapun berada dan bertugas. 

Selama 78 tahun kata Panglima TNl, TNI AL telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan di seluruh perairan lndonesia, sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran internasional.

Dalam pengabdiannya, TNI AL telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. TNI AL juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di dalam dan luar negeri. Pada level regional, TNI AL memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan.

"Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh Prajurit, PNS serta keluarga besar TNI AL, atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas dan dukungan yang telah kalian persembahkan selama ini," terang Yudo.

Tema hari jadi TNI AL kali ini adalah “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.”

Tema ini menunjukkan komitmen tinggi dari TNI AL untuk selalu meningkatkan kemampuan guna menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks dalam rangka turut serta mewujudkan visi lndonesia emas yakni menjadi negara maju, adil, dan makmur dalam bingkai NKRl.

Komitmen tersebut terangnya, tentunya perlu didukung oleh kekuatan TNl AL yang modern dengan daya pukul yang kuat, daya manuver yang handal dan daya gentar yang tinggi, serta memiliki jangkauan operasi seluruh perairan yurisdiksi Indonesia. Oleh karena itu, upaya nyata dalam mewujudkan TNI AL yang Profesional, Modern, dan Tangguh, merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. 

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan NKRI tambah Yudo,j9 prajurit Jalasena harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanatkan kepada TNl AL. Jaga selalu marwah dan kehormatan Prajurit Jalasena Samudera, dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan kalian dalam bertugas.

"Jadilah Prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat. Ingatlah, menjadi Prajurit Jalasena Samudera merupakan “Panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan.” pungkasnya.