Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Walikota Pariaman Sambut Satlat II/Hiu Latsitardanus XLIII/2023

AAL, (20/5/2023) | Wali Kota Pariaman Dr. H. Genius Umar memimpin langsung acara penyambutan Satlat II/Hiu Latsitardanus XLIII/2023 sekaligus pelepasan Kirab Peserta Latsitardanus bertempat di halaman Balaikota Pariaman, Sabtu (20/5) sore.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Kota Pariaman, karena kita menjadi tuan rumah pelaksanaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara ke-43 Tahun 2023 ini. Untuk Kota Pariaman, peserta Latsitarda ini berjumlah 273 orang, yang teridiri dari Akademi Militer (Akmil) sebanyak 72 orang, Akademi Angkatan Laut (AAL) 41 orang, Akademi Angkatan Udara (AAU) 21 orang, Akademi Polisi (Akpol) 48 orang, IPDN 20 orang, BSSN 8 orang, Perguruan Tinggi sebanyak 20 orang, serta pendamping 43 orang,” terangnya.

Walikota Pariaman juga menuturkan bahwa pada hari ini juga bertepatan dengan peringatan 115 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, dimana pada tanggal 20 Mei 1908, bara persatuan Indonesia sebagai negara, mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh, dengan didirikannya Boedi Oetomo. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Latsitarda ini sangat penting dalam membentuk karakter serta bagaimana berkonsoliasi di lapangan serta mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memantapkan jiwa integrasi antara Taruna Akademi TNI, Taruna Akpol, Praja IPDN, Mahasiswa perguruan tinggi lokal dan masyarakat, serta mengenal daerah dengan segala permasalahannya,” tukasnya.

Karena itu, dirinya menyambut baik kedatangan para Taruna di Kota Pariaman, semoga apa yang akan dilakukan selama mengabdikan dirinya selama melaksanakan latihan, akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan Kota Pariaman, serta pengalaman yang didapat oleh para peserta Latsitarda Nusantara ini, akan membekas dan menjadi kenangan bagi mereka, yang akan dibawa ke kesatuanya masing-masing nantinya, ungkapnya.

“Besar harapan kami, kepada semua Taruna, serta mahasiswa peserta Latsitarda Nusantara ke-43 di Kota Pariaman, dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik, jaga selalu kesehatan, tetap kompak, mudah bersosialisasi, menjadi panutan dan pelopor nantinya di masyarakat, sehingga hasil yang didapatkan, akan menjadi sebuah kekuatan untuk dapat menjadi pribadi yang tangguh,” terangnya.

Setelah acara penyambutan, Wali Kota Pariaman Dr. H. Genius Umar bersama Wakil Walikota Mardison Mahyuddin didampingi Forkopimda  melepas keberangkatan Kirab Kota dengan start dari Balaikota Pariaman dan finish di Pantai Gandoriah.

Posting Komentar

0 Komentar