AAL, (19/5) | Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi didampingi Ibu Asuh Taruna AAL Ny. Nana Endi Supardi menghadiri upacara pembukaan Latsitardanus XLIII/2023 yang dilangsungkan di Lapangan Istana Gubernur Sumatera Barat, Jl. Sudirman No. 50 Padang, Sumatera Barat, Jumat(19/5).

Pada pelaksanaan Latsitardanus XLIII tahun 2023 kali ini mengangkat tema "Menuju Sumatera Barat unggul", dan pelaksanaannya berlangsung hingga tanggal 8 Juni 2023 mendatang, dengan lokasi  tersebar di wilayah Provinsi  Sumatera Barat yakni Mako Mentarlat di Kota Padang, Yontarlat I/Macan di Kabupaten Pesisir Selatan, Yontarlat II/Hiu di Kota Pariaman, Yontarlat III/Elang di Kabupaten Pasaman dan Yontarlat IV/Kijang di Kota Solok.

Adapun sebagai Komandan Resimen Taruna Latihan (Danmentarlat) Latsitardanus XLIII/2023 adalah Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Resimen AAL.

Upacara pembukaan Latsitardanus XLIII/2023  dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit ditandai dengan menombol Sirine dan penyerahan peralatan latihan kepada perwakilan Taruna Akademi TNI, Akpol, Praja IPDN dan Mahasiswa.

Upacara dimeriahkan dengan penampilan display Genderang Suling Taruna Gabungan  Akademi TNI/Polri dan IPDN serta Defile Pasukan dan Flying Pass  pesawat tempur TNI AU F-16 dari Skadron 16 Fighting Falcon Lanud Pekanbaru, kemudian dilanjutkan Kirab Kota yang dimulai dari Istana Gubernur Sumatera Barat hingga finish di GOR. H. Agus Salim, Kota Padang.