Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Apel Gelar Pasukan Tandai Dimulainya Rangkaian Latihan Glagaspur Koarmada III di Samudera Pasifik

TNI AL/Koarmada III | Komando Armada III laksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Kapal TK. III/L3 tahun 2023 di Dermaga Mako Armada III, Katapop, Sorong, Papua Barat Daya. Gelar pasukan tersebut dipimpin Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara yang mewakili Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi.  Selasa (23/05/2023).

Dalam sambutan Pangkoarmada III yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III, dikatakan bahwa Apel gelar ini merupakan tanda dimulainya tahapan Latihan Glagaspur Tingkat – III/ L3 Koarmada III TA 2023,  adapun tema latihan tersebut adalah “Koarmada III Menyelenggarakan Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Kapal TK. III/ L-3 TA 2023 Guna Meningkatkan Kemampuan dan Kesiapan Tempur Melalui Operasi Pertahanan Pantai Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

Pada level operasional, Koarmada III diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan Operasi Pertahanan Pantai, sedangkan pada level taktis mampu mengasah dan meningkatkan kemampuan peperangan laut seperti peperangan elektronika, anti kapal permukaan, anti kapal selam, anti serangan udara dan peperangan ranjau, ungkap Pangkoarmada III.

Lebih lanjut Pangkoarmada III menjelaskan, bahwa latihan tersebut digelar di perairan Sele, perairan Sorong dan Samudera Pasifik, sedangkan untuk pelaksanaan Operasi Pertahanan Pantai dilaksanakan di Pantai Saoka, Tanjung Batu, Sorong, dimana kekuatan dalam latihan tersebut adalah 356 Prajurit Jalasena dari Satkopaska, Dislambair Koarmada III, KRI Teluk Wondama-527, KRI Layaran-854, KRI Albakora-867, KRI Gulamah-869 dan Pesawat Udara TNI AL  CN-235 P-8304, serta dari Pasmar 3 dan Yonmarhanlan XIV  yang akan melaksanakan operasi Pertahanan Pantai.

Pada bagian lain,  Pangkoarmada III menegaskan agar para pelaku latihan memahami rencana latihan, tugas serta fungsi setiap pelaku dengan benar demi keberhasilan latihan, utamakan keamanan, keselamatan personel dan material dalam melaksanakan seluruh rangkaian latihan.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.

Posting Komentar

0 Komentar