TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 4 April 2023 | Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) kembali melakukan regenerasi terhadap tiga jabatan strategis di lingkungan Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yaitu Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel), Komandan Pusat Pendidikan Khusus (Danpusdiksus), dan Komandan Pusat Pendidikan Hidro-Oseanografi (Danpusdikhidros)

Dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) tersebut, Dankodikopsla Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso menyerahkan jabatan Danpusdikpel kepada Kolonel Laut (P) I Nyoman Surya yang sebelumnya menjabat Asops Danlantamal X Jayapura. Selain itu jabatan Danpusdiksus diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko kepada Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo yang sebelumnya menjabat Dirpers Puspenerbal, serta jabatan Danpusdik Hidros dari Kolonel Laut (P) Jazim Aziz M., kepada Kolonel Laut (P) Endra Kusuma yang sebelumnya menjabat Aspotmar Danlantamal XI Merauke.

Dankodikopsla dalam amanatnya menyampaikan "Bahwa, sertijab pada hakikatnya merupakan dinamika dan kebutuhan organisasi guna menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks. “Regenerasi perlu penyegaran kepemimpinan serta kaderisasi rutin guna memastikan peran penting tiap organisasi di jajaran Kodikopsla, dalam hal ini Pusdikpel, Pusdiksus dan Pusdikhidros agar berjalan optimal dan berkelanjutan,” kata Laksma Sigit.

Lebih jauh Laksma Sigit mengatakan bahwa, Pusdikpel, Pusdiksus, dan Pusdikhidros sebagai pelaksana Kodikopsla mempunyai tugas menjalankan program pendidikan kepelautan, pendidikan brevet, dan pendidikan Hidro-Oseanografi serta melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi laut tingkat taktik. Pusdik-Pusdik ini juga bertugas mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan sekolah - sekolah di jajarannya, serta membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya.

“Saya menyadari, bahwa tantangan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Pusdikpel, Pusdiksus dan Pusdikhidros  karena memegang peran yang sangat penting dalam mendidik personel Korps Pelaut, Profesi Brevet dan Hidro-Oseanografi guna menjadi Prajurit Jalasena yang Tangguh, Tanggon dan Trengginas dalam mendukung tugas TNI AL,” harap Dankodikopsla kepada komandan yang baru saja dilantik.

Selanjutnya Dankodikopsla mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko dan Kolonel Laut (P) Jazim Aziz M., atas dedikasi, loyalitas, dan segala usaha maupun kerja keras selama ini. Selamat mengemban tugas di tempat yang baru untuk Kolonel Henricus sebagai Wadan Puskopaska, dan Kolonel Jazim sebagai Dansatran Koarmada I.


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.