Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Kasubditdukkum Ditkumad Buka TOK Hukum Operasional Tersebar Wil. Dam IX/Udy

Jembrana | Kasubdit Dukkum Ditkumad Kolonel Chk Fika Budhiana, M.JP., S.E., S.H., M.H., CRMP. membuka sekaligus membacakan amanat Direktur Hukum TNI Angkatan Darat (Dirkumad) pada Pembukaan Transfer of Knowledge (TOK) Hukum Operasional Tersebar Bagi Prajurit TNI AD di Kodam IX/Udayana TA. 2024 yang dilaksanakan di garasi Anoa Kompi Markas Yonif 741/Garuda Nusantara di Jalan Udayana, Kel. Banjar Tengah, Kec. Negara, Kab. Jembrana, Bali, Senin (10/06).

“Transfer Of Knowledge (TOK) merupakan realisasi dari program kerja Angkatan Darat yang diselenggarakan oleh Ditkumad guna memantapkan dan mengingatkan kita semua tentang pentingnya pengetahuan dan pemahaman aspek hukum, guna meminimalisasi potensi pelanggaran dalam suatu Operasi Militer. Pelaksanaan TOK ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa TNI AD sebagai salah satu unsur pertahanan matra darat berkewajiban mengintegrasikan hukum dalam setiap pelaksanaan tugas TNI baik di waktu damai maupun di waktu perang sebagaimana yang diamanatkan dalam Konvensi Jenewa tahun 1949 yang telah diratifikasi dengan Undang-Undang Nomor 59 tahun 1958”, ucap Kasubditdukkum Ditkumad saat membacakan sambutan Direktur Hukum TNI Angkatan Darat.

Kemudian Kasubditdukkum Ditkumad melanjutkan pemberian materi tentang Militer dalam Operasi Keamanan/MISO dan Kakumdam IX/Udayana Kolonel Chk Muhammad Irham DJ, S.H., M.H. memaparkan tentang Pertanggung Jawaban Hukum terhadap Pelaksanaan Operasi Militer serta Pengetahuan Batas Negara dan Analisis Daerah Operasi (ADO) Sektor Timur Satgas Pamtas RI-RDTL oleh Letkol Chk Shodiq Ali Masruri. S.Sos., S.H., M.H. Kabagopsmil Subditdukkum Ditkumad.

Para peserta sangat antusias dengan adanya diskusi dan tanya jawab oleh Prajurit Batalyon Infantry 741/Garuda Nusantara. Turut hadir Kasi Pers Korem 163/Wirasatya Kolonel Inf Agus Sulistiyo S.Sos., M.Si (mewakili Danrem 163/Wirasayta), Letkol Inf Ferdinandus T.M. Shine, S.IP., Kabagjianbang Rindam IX/Udy (mewakili Danrindam IX/Udy), Danyonif 741/Garuda Nusantara Letkol Inf Sy. Gafur Thalib, S.I.P., M.Si. dan Mayor Cpm Tajonodafa Pabandya Watpers Kodam IX/Udy (memawakili Aspers Kasdam IX/Udy).

"Dengan adanya pembekalan hukum ini Prajurit Garuda Nusantara lebih siap dalam menghadapi penugasan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, semoga ke depan para Prajurit Garuda Nusantara semakin professional dalam menjalankan tugas terutama saat mengambil keputusan dan tindakan agar sesuai dengan teknik, taktik dan juga hukum operasional yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita banggakan", tegas Lulusan Akademi Militer Tahun 2005 Danyonif 741/GN Letkol Inf Sy. Gafur Thalib, S.I.P., M.Si.

(Pen Ditkumad)

Posting Komentar

0 Komentar