Jakarta | Pada Jumat, 12 Januari 2024, sejumlah organisasi mahasiswa menyelenggarakan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Patung Kuda, Jakarta. Acara ini, diikuti oleh 350 mahasiswa, berlangsung dalam suasana damai yang dipenuhi orasi-orasi mengenai etika demokrasi dan pentingnya pemilu yang damai.

Dalam menyikapi Pemilihan Umum 2024 yang akan segera dilaksanakan, para peserta deklarasi menegaskan pentingnya jaminan keamanan, kenyamanan, dan pelaksanaan yang damai tanpa konflik. Mereka menggarisbawahi peran kunci Pemerintah, penyelenggara pemilu, Polisi Republik Indonesia, dan Tentara Nasional Indonesia dalam menjamin hak masyarakat selama pemilihan umum.

Selaras dengan itu, Aliansi dan lembaga pemuda serta mahasiswa, seperti Pemuda Indonesia Center, BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Zona 3, BEM STAI Al-Aqidah, Himpunan Mahasiswa Politik Se-Indonesia, Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi Bisnis Islam Se-Indonesia, Forum Senat Mahasiswa Syariah & Hukum Se-Indonesia, serta Forum Komunikasi Mahasiswa BPI/BKI Se-Indonesia, secara resmi menyatakan:

1. Menghimbau Kepada seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden agar tidak mempertontonkan hal-hal negatif kepada masyarakat dalam kontestasi Pemilu 2024 sebagai bentuk pendidikan politik.

2. Menghimbau kepada seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden agar tidak saling menyerang secara personal dan mengedepankan adu gagasan serta visi dan misi.

3. Terima Kasih dan Apresiasi Kepada Pemerintahan yang saat ini menjabat, mulai dari Presiden Joko Widodo hingga jajaran Kabinet Indonesia Maju atas Pengabdian dan Dedikasinya terhadap NKRI.

4. Terima Kasih Kepada Penyelenggara Pemilihan Umum dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

5. Terima Kasih dan Apresiasi Kepada Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia Atas Pengawalan proses Pemilu Hingga saat ini bisa tetap berlangsung aman, damai dan kondusif.

6. Mendukung dan Mendorong Netralitas TNI-POLRI dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

7. Mengawal dan Menyukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Harmonis guna persatuan dan Kesatuan Bangsa serta Keutuhan NKRI.