Jakarta, (13/01) | "Menjadi seorang guru di era Implementasi  Kurikulum Merdeka, akan di tuntut memiliki inovati dan kreaktif yang lebih tinggi karena  tugas guru membantu siswa  untuk belaja secara mandiri, megatur waktu  dan mengelula sumber daya pembelajaran , setidaknya tugas seorang guru  diantaranya mendidik, mengajar, membimbing, menilai dan mengevaluasi  peserta didik",   demikian sambutan Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P dalam sambutannya yang dibacakan oleh       Anggota Pembina  Bidang Umum Pusat YHT Laksma   (Purn)  Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU pada saat Lomba Guru Berprestasi Se-Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah yang berlangsung di Aula Kantor Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah pekan ini.

Lebih jauh Ketum YHT menuturkan bahwa  tidak kalah pentingnya adalah  seorang guru harus profesional, wajib memiliki persyaratan  antara lain bakat sebagai seorang guru, mempunyai keahlian yang baik dan terintegrasi, serta memiliki mental yang sehat.

Ketua Panitia Lomba Guru Berprestasi Se-Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah Dra. Dwi Wijayanti yang kesehariannya sebagai Kasatdik SD  Plus Hang Tuah 1 Jakarta melaporkan kesiapan pelaksanaan lomba.  Dalam keterangan kepada awak media Dwi Wijayanti  menyampaikan bahwa Lomba Guru Berprestasi  di ikuti 28 guru dari 28 satdik dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK Hang Tuah,    metode penilaian berupa  presentasi hasil dari karya dalam bentuk makalah bertemakan Inovasi Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan durasi  10 menit dengan power point / aplikasi lainnya di depan Juri yang terdiri dari  Myta Nurlita,M.Hum, Nur Fazhanny ,M.Pd,  Fahd Indrawan,M.Pd.

Sementara itu  Ketua Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah Kol (Purn) Dr. Fadelan, S.E., M.M.,M.Tr.Opsla, CRMP menuturkan bahwa Lomba Guru Berprestasi ini memberikan wadah guru untuk mengembangkan keterampilan yang inovatif dalam pembelajaran,

meningkatkan kemampuan literasi dalam civitas akademik, menumbuhkan jiwa kompetisi dengan menjunjung sportivitas dan kejujuran, memberikan apresiasi skill dalam meningkatkan kemampuan mengajar, memacu kegigihan anak untuk berprestasi dengan memberi peluang dalam tantangan serta sebagai ajang silaturahmi.

Berhasil keluar  sebagai juara pada Lomba Guru Berprestasi, dari jenjang TK, juara 1 Faida Rulkhasanah, A.MA dengan nilai 253 dari TK Hang Tuah 6,  juara 2 Euis Lina Nurhidayah, S.Pd dengan nilai 247 dari TK Hng Tuah 1 dan juara 3 Siti Yulaida, S.Pd dengan nilai 246 dari TK Hang Tuah 2.

Pada jenjang SD, juara 1 Siti Khurriyati Islamiyah, S.Pd dengan nilai 282 dari SD Plus Hang Tuah 1, juara 2 Andri, S.Pd dengan nilai 278 dari SD Hang Tuah 4 dan juara 3  Siti  Rodiah Rahmawati, S.Pd dengan nilai 273 dari SD Hang Tuah 5.

Sedangkan pada jenjang SMP , keluar sebagai juara  1  Tri Haryani, S.Pd dengan nilai 273 dari SMP Hang Tuah 6, juara 2 Kurnia Prihantini, S.Pd denga nilai 243 dari SMP Hang Tuah 3 dan juara 3  Rika Faradillah Santi, S.Pd dengan nilai 237 dari SMP Hang Tuah 5.

Dan pada jenjang SMA/SMK sebagai juara 1 Euis Silvia Priyanti, S.Pd dari SMK Hang Tuah 1 dengan nilai 261,   juara 2 Yogi Setiawan, S.Pd dari SMA Hang Tuah 1 dengan nilai 254 dan  juara 3 Komarudin, S.Pd dari  SMK Dental Asisten Sekesal Hang Tuah dengan nilai 250.

Kepada para pemenang panitia lomba memberikan hadiah berupa  tropi, sertifikat dan dana pembinaan . Penyerahan hadiah juara 1 akan dilaksanakan saat perayaan HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah oleh Ketua Pembina Ny. Fera Muhammad Ali, sedangkan untuk juara 2 dan juara 3 hadiah  di serahkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Jakrarta Kol (Purn) Dr. Fadelan, S.E., M.M.,M.Tr.Opsla, CRMP seusai lomba yang  di saksikan oleh Pengurus PPYHT, Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabiddik Pusat YHT Kol (Purn)  Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Bendahara Pusat YHT  Dra. Erni Megawati, pengurus inti  dan para Kasatdik di lingkungan Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah.

(dar/yht)