Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Ketum YHT Tinjau Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMA Hang Tuah 5

Sidoarjo, (07/10) | Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ) SMA Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo di laksanakan di Dlundung  Trawas Mojokerto dengan memberikan materi-materi dasar mengenai kepemimpinan,  acara ini di selenggarakan selama dua hari dari pagi hingga malam hari.  Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P  di dampingi    Anggota  Pengawas Pusat YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP,  Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP meninjau pelaksanaan LDKS yang di buka oleh Kasatdik SMA Hang Tuah 5 Siti Aisyah, M.Pd Jumat (06/10/23).

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja OSIS. Kegiatan LDKS  SMA Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo di ikuti oleh OSIS  31 siswa, Poltar 53  siswa, PMR 8 siswa dan Takmir 8 siswa sehingga jumlah keseluruhan 100 siswa yang terdiri dari  47  taruna dan 53 taruni.

Kasatdik SMA Hang Tuah 5 Siti Aisyah, M.Pd dalam keterangannya kepada pers, ini merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P  lebih rinci menjelaskan  kepada peserta LDKS bahwa,  Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini sangat penting bagi sebuah organisasi. Salah satu contohnya adalah OSIS (Organisasi Intra Sekolah), POLTAR (Polisi Taruna), PMR (Palang Merah Remaja), dan TAKMIR. Di dalam sebuah organisasi sangat dibutuhkan sebuah kerja tim yang baik, yang dimana sebuah tim pasti memiliki seorang pemimpin sebagai pengatur atau pemberi arahan pada anggotanya. Tidak semua orang dapat menjadi pemimpin, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan dalam memimpin. Dengan adanya hal itu, Latihan Dasar Kepemimpinan sangatlah penting bagi setiap individu dan juga sebuah organisasi. Karena Latihan Dasar Kepemimpinan dapat membangun karakter dan juga melatih kemampuan seseorang.

Ketua Panitia LDKS SMA Hang Tuah 5,  Carissa Firdausi C, S.Pd menekankan agar seluruh Peserta LDKS ini bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, yang didasari oleh kebutuhan sebagai calon pemimpin yang pada akhirnya akan didapatkan pemimpin yang bertanggung jawab dengan tugas-tugas yang dimiliki. Adapun materi yang disampaikan terkait dengan tujuan penyelenggaraan LDK, diantaranya yaitu : Materi Kepemimpinan yang dibawakan oleh Kasatdik SMA Hang Tuah 5 Siti Aisyah, M.Pd,  Pembuatan Proposal oleh Lorena Nur K, S.Pd, Materi Management Organisasi oleh Nurhadi, S.T, Materi Publik Speaking oleh M.Bahrul Alam, M.Pd serta beberapa kegiatan sebagai penunjang seperti jurit malam , api unggun, olah raga pagi serta yang tidak kalah pentingnya adalah kegiatan keagamaan  sebagai dasar utama pembentukan karakter.

Selama dua hari kegiatan LDKS SMA Hang Tuah 5 , Waka Humas  Nur Hadi.ST,  Waka Kesiswaan Silvia Sofyanita. T, S.Pd, Waka Sarpras Rahmad Arif, S.Pd serta 12 guru dan 11 mahasiswa PLP Unesa serta     

Panitia Pengurus inti OSIS, Polisi Taruna, PMR, Dan Takmir   turut mendampingi kegiatan siswa.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar