Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Wadan Kodiklatal Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Pimpinan Gubernur Jatim

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 1 Juni 2023 | Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Supardi mewakili Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2023 Pimpinan Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Kamis, (01/06/2023).

Upacara peringatan Harlah Pancasila yang mengusung tema,"Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global," ini dihadiri Para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur dan Pejabat terkait lainnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bisa dilakukan dalam bentuk sederhana seperti mulai dari saling menghargai, saling menghormati hingga saling menjalin kerja sama yang baik.

“Pancasila menjadi kekuatan Pemersatu Bangsa, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara merupakan Meja Statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai Penuntun yang Dinamis yang memandang kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil, dan Makmur,” Ucapnya.

Lebih jauh Gubernur Jatim mengatakan bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar dari pengalaman faktual dan pengalaman akal, serta pengalaman religius bangsa Indonesia. Pancasila bukan menjadi wacana belaka, melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat. Baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural.

“Keberadaan Pancasila merupakan Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” ungkapnya.

Dalam perayaan Harlah  Pancasila tahun ini, juga disemarakkan dengan berbagai hiburan, mulai dari Marching Band dari SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur di Kota Malang, Penampilan Atlet Wushu Binaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, dan juga Penampilan Salma Idol penyanyi asal Probolinggo


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar