Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Purnawiyata SMK KAL-2 TP. 2022/2023 Berikan Pembekalan Kepada Taruna-Taruni

Surabaya, (27/05) | Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-2) yang berlokasi di Jl . Teluk Sampit No. 2-B Surabaya, Sabtu  (27/05/23)  melaksanakan purnawiyata kepada 100 Taruna-Taruni yang berlangsung di  KHAS Surabaya Hotel.  Purnawiyata sekaligus pembekalan kepada Taruna-Taruni sebagai tanda  berakhirnya pendidikan  yang  berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kasatdik  SMK KAL-2 Sri Retno Pudji Wahyuni, S.Pd, M.M.

Prosesi purnawiyata diawali dengan masuknya Kasatdik di damping 4 Wakil Kepala Sekolah ( Waka Sarana dan Prasarana Agus  Misbakhul Munir , S. Kom,  Waka Humas Hadi Kusumo, ST., M.M , Waka Kurikulum  Wisnu  Erlangga , S.Pd  dan  Waka Kesiswaan Arif Juli Prasetyo, S.T ) serta 5 wali kelas XII terdiri dari :  wali kelas XII TKRO Evy  Endrarini , S.Pd, wali kelas  XII TPK Anita  Nisfiliyah, S. Pd, wali kelas XII KKB Vivin  Yuni Artika, S.Pd, wali kelas XII NKN  Dyah Ayu Pramawati, Amd. Pel dan wali kelas XII TKN  Reza Imam  Saputra , S.ST.Pd.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya menjadi pembuka acara di lanjutkan menyanyikan Mars Hang Tuah di pimpin oleh Vivin  Yuni  Artika, S.Pd. Kedua lagu ini menjadi tradisi pada setiap Purnawiyata di seluruh Satuan Pendidikan di bawah Yayasan Hang Tuah yang selalu di kumandangkan.

Suguhkan tari Remo oleh Taruni  SMK KAL-2 selanjutnya  pemmbacaan Laporan penutupan pendidikan oleh  Wisnu Erlangga, S. Pd selaku  Waka Kurikulum,  Pembacaan surat keputusan  kelulusan oleh  Hadi Kusumo , S.T., MM. Hasil kelulusan  SMK KAL-2 berdasarkan  SK/009/V/ 2023/SMK KAL-2 tertanggal 02 Mei 2023 yang berisikan bahwa Program Keahlian Otomotif , jumlah lulus 28 , Program Keahlian Kontruksi Kapal Baja  jumlah lulus 15, Kompetensi Keahlian Pemesinan Kapal jumlah lulus 18, Kompetensi Keahlian Pelayaran Kapal Niaga jumlah lulus 24 dan Keahlian  Teknika Kapal Niaga jumlah lulus 15 sehingga jumlah kelulusan TP. 2022/2023 sebanyak 100 Taruna-Taruni.

Kasatdik SMK KAL-2  Sri Retno Pudji Wahyuni, S.Pd, M.M dalam sambiutannya  mengucapkan selamat atas kelulusannya dan juga mengucapkan selamat kepada beberapa Taruna-Taruni yang telah di terima di Pergutran Tinggi Negeri lewat jalur  SNBP. Keberhasilan ini menujukkan kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua .  Ucapan terima kasih di sampaikan juga kepada DUDI yang telah mengantarkan Taruna-Taruni SMK KAL-2 dalam meningkatkan kompetensinya.   Taruna-Taruni SMK KAL-2 pada jurusan Pelayaran  telah mendapatkan sertikasi syarat dasar berlayar  melalui program  BST ( Basic  Savety Training),  SAT ( Security  Awareness  Training), AFF ( ADvanve  Fire  Figting) dan untuk mendapatkan  sertifikasi  ANT IV para Taruna-Taruni masih perlu untuk mengikuti Pralaya ( praktek berlayar) selama 12 bulan.

Pada Purnawiyata SMK KAL-2 TP. 2022/2023 tidak kalah pentingnya adalah Pembekalan dari Industri yang di sampaikan oleh   Pimpinan   PT Samudera  Sinar Abadi Shipyard  Bpk, Sugiyono Secara singkat di sampaikan bahwa lulusan dari SMK KAL-2 terbuka lebar untuk bisa bekerja di PT. Samudera Sinar Abadi  Shipyard, lebih jauh di ungkapkan bahwa lembaga ini telah  melakukan evaluasi terhada lulusannya  yang kesemuanya dianggap mampu , mampu untuk  berdiri ditengah-tengah  masyarakat  dengan ketrampilan yang di miliki , namun  ketrampilannya ini harus dilengkapi dengan  attitude yang baik, jagalah  sikap karena akan membawa  dampak pada karir di industry tempat nanti bekerja.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah  Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  dalam sabutannya     bahwa  Kelulusan ini merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang yang penuh hambatan, tantangan, dan persaingan yang besar. Sebagai alumni Hang Tuah nantinya saya berharap, dengan ilmu yang telah kalian miliki dan pengalaman yang kalian dapat, kalian mampu membuktikan bahwa alumni SMK KAL-2 Surabaya adalah alumni yang tangguh, berkompetensi, berkemampuan tinggi, serta mampu untuk mengatasi segala tantangan di masa sekarang dan yang akan datang.  

Di penghujung Purnawiyata , diserahkannya Piagam  penghargaan  oleh Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah  Tuah  Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP kepada lulusan terbaik,1.  Hafidz Rachmad Hidayatullah  XII TKN meraih nilai 86,58 dan telah diterima di UNESA  jurusan Administrasi Negara  melalui jalur SNBP, 2. Icha Kusnia Fadla XII NKN  dengan nilai 86,34, 3.  Valenia  Ramma Wina Asikah XII TKRO meriah nilai 85,09, 4. Fariansyah Aprial  Caniago XII  KKB meraih nilai  84, 77 dan 5. Muhammad Nugrah  Aljaelani XII TPK dengan nilai 84,61 

Secara simbolis Kasatd  SMK KAL-2  Sri Retno Pudji Wahyuni, S.Pd, M.M  pada pelaksanaan Purnawiyata bagi Taruna-Taruni TP. 2022/2023  juga melepas tanda pangkat  kepada perwakilan  Taruna-Taruni sekaligus mengembalikan kepada kedua orang tuanya karena mereka telah di nyatakan kelulusannya dan pada kesempatan ini juga diadakan penandatangan surat pernyataan pengembalian para Taruna-Taruni tersebut di saksikan oleh Kapeng Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah

Turut hadir dalam Purnawiyata Pengurus Inti  Yayasan Hang Tuag Cabang Surabaya : Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd,  Bendahara Hestanofia , SE,  Kabidbang  Kolonel (Purn) Herlinawati ,  Ketua Komite  SMK KAL-2 Drs. Ec Budi  Setiyarso, M.M., MPd  Kasatdik SMA Hang Tuah 1, Kasatdik SMA Hang Tuah 2, Kasatdik SMA Hang Tuah 4, Kasatdik SMA Hang Tuah 5 dan Kasatdik SMK KAL-1, Pimpinan  PT. Samudera Sinar Abadi Shipyard , Asisten Manajer  PT.  Dharma Lautan , Camat Pabean.


(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar