Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Purnawiyata SMK KAL-1 Angkatan Ke- LXII, “Bekerja Sebelum Lulus Jadi Tren Siswa SMK KAL-1”

Surabaya, (10/05) | Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) yang berlokasi di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( KODIKLATAL ) Surabaya, Rabu (10/05/23)  melaksanakan purnawiyata kepada 218 siswanya yang berlangsung di gedung Dyandra Convention Hall Kota Surabaya. Purnawiyata/ berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi tersebut berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kepala SMK KAL-1 Munawar, S.Pd  di hadiri seluruh siswa beserta orang tua masing-masing.

Prosesi purnawiyata diawali dengan masuknya Kepala Sekolah di damping 3 Wakil Kepala Sekolah ( Waka Sarana dan Prasarana, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum ) serta 5 Kepala Program Kejuruan ( TKR, TPM, TAV dan TITL dan Teknik Logistik) melewati jajar kehormatan pasukan pengibar bendera Paskibra SMK KAL-1 ( PASKAL-1), dilanjutkan menyanyikann lagu Kebangsaan Indonesia Raya di teruskan menyanyikan lagu Mars Hang Tuah.

Sebagai pembuka acara  di suguhkan tari Remo oleh siswa Guntur Adi Firmasyah kelas X TAV, kemudian pembacaan surat keputusan kelulusan yang di sampaikan oleh Waka Kurikulum Agung Ambar, S.Pd. M.M. Waka Kurikulum dalam laporan akhir pendidikan siswa Angkatan Ke-LXII  dengan rincian kelulusan sebagai berikut : Kompetensi Keahlian TITL jumlah 38,lulus 38, Kompetensi Keahlian TAV jumlah 29,lulus 28, Kompetensi Keahlian TPM jumlah 71, lulus 71, Kompetensi Keahlian TKRO jumlah 80,luus 79  . Dengan demikian  dari 218 siswa tercatat lulus 216 dan tidak lulus 2 siswa. Dengan kelulusan siswa tersebut maka bagi siswa yang dinyatakan lulus TP.2022/2023 berhak mendapatkan Ijazah, Transkip Nilai, Srtifikat dari IDUKA,  Sertifikat Kebaharian dan Rapot.

Kasatdik  SMK KAL-1 di depan orang tua siswa menyampaikan bahwa mulai saat ini manajemen sekolah telah menyelesaikan tugasnya dalam membimbing, mendidik dan mengasuh putra-putrinya selama di SMK KAL-1. Oleh karenanya setelah purnawiyata,  tugas tersebut  telah kembali kepada kedua orang tuanya masing-masing. 

 “Pada saat ini  seluruh managemen sekolah sedang berbenah diri agar tidak kalah bersaing dengan sekolah lain, kedepan akan mengadakan perubahan mendasar,  bukan hanya tambal sulam. Berbagai perubahan perbaikan  dan penyempurnaan  tengah dan sedang dilaksanakan, sebagai perwujudan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, baik menyangkut aspek pendidikan maupun non pendidikan” paparnya.

Juga di laporkan oleh Kasatdik SMK KAL-1 kepada Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  yang pada kesempatan kali ini di wakili oleh Kabiddik Dra. Ramayanti bahwa  siswa Angkatan LXII yang sudah bekerja sebelum lulus sebanyak 31 siswa (14 %) . juga  ada beberapa yang sudah di terima di perguruan tinggi negeri maupun swasta .

Seluruh managemen sekolah, guru, pembimbing siswa( Bingsis) selama 3 tahun telah membentuk peserta didik / siswa yang disiplin, jujur, santun dan profesioanal yang akan  berguna bagi agama negara dan bangsa.

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya  Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  dalam sabutannya yang di bacakan oleh  Kabiddik Dra. Ramayanti    bahwa  Kelulusan ini merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang yang penuh hambatan, tantangan, dan persaingan yang besar. Sebagai alumni Hang Tuah nantinya saya berharap, dengan ilmu yang telah kalian miliki dan pengalaman yang kalian dapat, kalian mampu membuktikan bahwa alumni SMK KAL-1 Surabaya adalah alumni yang tangguh, berkompetensi, berkemampuan tinggi, serta mampu untuk mengatasi segala tantangan di masa sekarang dan yang akan datang.  

Di akhir sambutannya Kapeng YHT mengumumkan siswa peraih lulusan terbaik pada Kejuruan  Teknik Pemesinan atas nama Gevin Herdiansyah  Putra, Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan  atas nama  Muhammad Ridwan, Teknik Audio Video atas nama  Muhammad Ilham Firdaus dan pada Teknik Instalasi Tenaga Listrik jatuh pada siswa Afrizal Riski Firmansyah.

Sebelum Pembacaan janji  Alumni sebagai pamungkas Purnawiyata oleh  Anas Sabika Ramadhan yang di ikuti oleh  seluruh wisudawan,  di sajikan tari  Sorote Lintang oleh siswa kelas X jurusan Teknik Logistik  ( Faidza Tarida, Neva Tiara, Alfitri dan Syafira) 

Turut hadir dalam Purnawiyata Pengurus Inti  Yayasan Hang Tuag Cabang Surabaya : Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd,  Bendahara Hestanofia , SE,  Kabidbang  Kolonel (Purn) Herlinawati ,  Ketua Komite  SMK KAL-1 Kolonel (Purn) Drs Erwin Andarasmono, M.Kes,  Dekan Fajuktas Teknik dan Ilmu Kelautan UHT, Pimpinan CV DB Copier dan Creative  Andyra , S.E., M.M, Kasatdik SMP Hang Tuah 4, Kasatdik SMA Hang Tuah 1 , Kasatdik SMA Hang Tuah 4, Kasatdik SMK KAL-2, Kepala Sekolah SMPN 11, Kepala Sekolah  SMPN 27, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 11.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar