Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Prajurit Jalasena Koarmada III Laksanakan Uji Kebugaran Rutin dan Usulan Kenaikan Pangkat

TNI AL/Koarmada III | Personil Perwira, Bintara dan Tamtama prajurit Jalasena Koarmada III melaksanakan Samapta rutin Semester I dan Samapta sebagai syarat Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) di lintasan lari Dermaga Mako Koarmada III, Katapop, Kab Sorong, Papua Barat Daya. (Selasa 30/05/23).

Dari personel Perwira, Bintara dan Tamtama yang mengikuti samapta tersebut, 15 (Lima Belas) diantaranya disiapkan untuk mengikuti Usulan Kenaikan Pangkat periode 01 Oktober 2023, hal ini merupakan syarat mutlak bagi prajurit yang akan mengemban tugas dengan pangkat yang lebih tinggi.

Sebelum dilaksanakan tes, seluruh peserta melaksanakan screening kesehatan oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Koarmada III, pemeriksaan ini untuk mengetahui kesehatan peserta memenuhi syarat atau tidak untuk mengikuti samapta. Setelah dinyatakan layak atau memenuhi syarat dilanjutkan dengan peregangan/pemanasan dan pelaksanaan rangkaian samapta.

Kegiatan kesamaptaan jasmani yang dilaksanakan meliputi Samapta Baterai A di lintasan lari Dermaga Koarmada III, Baterai B dan C di depan Gedung Serba Guna Mas Pardi. Baterai A dengan materi lari 12 Menit sedangkan untuk Baterai B meliputi pull up, sit up, push up dan sutlle run dan dilanjutkan dengan Baterai C yaitu renang 50 M di kolam renang Tirto Sagoro-6 Koarmada III.

Secara terpisah, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menginstruksikan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Koarmada III untuk selalu menjaga kemampuan fisik jasmani dan kesehatan, karena kesiapan fisik dan kesehatan merupakan syarat mutlak bagi prajurit dalam mengemban tugas-tugas yang diberikan kepadanya. 

Dengan terjaganya kemampuan fisik dan kesehatan menjadi modal dasar untuk terus meningkatkan profesionalisme prajurit, dimana hal tersebut selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam pembinaan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, pungkas Pangkoarmada III.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.

Posting Komentar

0 Komentar