Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Latih Ketangkasan Jasmani, Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII Satdik-1 Tanjung Uban Lattek Kemampuan March

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 28 Mei 2023 | Guna melatih ketahanan dan ketangkasan jasmani, Para Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut Angkatan XLIII TA  2023 yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan di Satuan Pendidikan 1 (Satdik-1) Tanjung Uban melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Kemampuan March di Bintan Utara, Kepulauan Riau. Minggu (28/05/2023).

Komandan Satdik-1 Kolonel Laut (P) Slamet Nurdiharto menjelaskan, "Kemampuan March merupakan salah satu materi kemiliteran yang harus dikuasai oleh Siswa Satdik-1 di tahap Dasar Prajurit agar Siswa memiliki kemampuan ketahanan dan ketangkasan jasmani sebagai seorang prajurit yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kedinasan sebagai Prajurit TNI AL yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas", ujar Dansatdik-1.

Menurut Kolonel Slamet, Lattek Kemampuan March melatihan dan menguji Ketahanan dan ketangkasan Jasmani Siswa dengan rute panjang dan berbukit serta kondisi cuaca panas menjadi tantangan dan rintangan ini memiliki resiko tidak ringan serta cukup menguras fisik maupun mental Siswa, maka ditekankan kepada seluruh Siswa dan Pengasuh tetap berhati-hati dalam melaksanakan latihan ini dan memgang prinsip Zero Accident agar lebih diutamakan.

250 Siswa Satdik-1 yang terdiri dari Siswa Dikmaba 100 orang dan Dikmata 150 orang mengikuti seluruh rangkain latihan Kemampuan March yang dilaksanakan secara bertahap yakni dua kali pelaksanaan dari Kemampuan March Pertama yang telah dilaksanakan pada Rabu, 10 Mei 2023 dengan rute ± 10 KM dan yang kedua dilaksanakan dengan rute  ± 16 KM. Pelaksanaan Kemampuan March Satdik-1 dibawah Koordinator Tim Pembinaan Jasmani (Binjas)  Satdik-1 yang dipimpin oleh Letda Laut (KH) Slamet Heru P. Sebelum pelaksanaan dilaksanakan pemanasan untuk mencegah cedera otot.

Kegiatan berjalan dengan lancar seluruh Siswa dapat melewati Lattek Kemampuan March serta diharapkan dapat menjadi bekal bagi Siswa nantinya dalam medan penugasan menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas.


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar