Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Jadi Pioner, KKI Visitasi Pembukaan Prodi PPDS Spesialis Kedokteran Kelautan (Sp.KL ) Pertama di FK Universitas Hang Tuah Surabaya

Surabaya, (13/05) | Tim Visitasi Divisi Pendidikan Kedokteran Konsil Kedokteran Indonesia( KKI) meninjau persiapan pembentukan program studi (prodi) spesialis (Sp) 1 Kedokteran Kelautan ( Sp.KL)  Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya  bertempat di FK Universitas Hang Tuah, RSPAL Ramelan Surabaya dan LAKESLA drs. Med. Riyadi Sastropanoelar, Phys Surabaya selama tiga hari sejak tanggal 10-13 Mei 2023. 

Acara pembukaan Visitasi KKI untuk prodi Sp.KL FK Universitas Hangtuah Surabaua  dilaksanakan di Ruang dekanat Fakuktas Kedokteran UHT Surabaya ( 11/05/2023). Dalam kegiatan visitasi tersebut, diawali dengan pertemuan pembukaan yang berlangsung di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya,  dihadiri dr. Mariatul Fadhilah Mars spKKLP, Ph.D  ketua divisi pendidikan Profesi  Konsil Kedokteran, drg Sri Rahayu Mustikowati M.kes C.fra Ketua Divisi Registrasi Konsil Kedokteran Gigi beserta staf  KKI, Aditya Dwi  Purwaningsih SKM dan Fernia Paramita SKM. Turut hadir Ketua Kolegium Kedokteran Kelautan Laksma TNI ( purn) Dr.dr. Harmin Sarana  MM.FS, Sp.B Sp.KL. Subsp.K.T(K) dan Senior perintis Sp.KL Laksda TNI drg Andriyani Sp.Ortho.F.I.C.D.

Sedangkan dari Yayasan Nala yang menaungi Universitas Hang Tuah di hadiri oleh Laksma TNI (purn) drg. Bambang Sucahyo, Sp.Ort ( Anggota Pembina Bidang Umum),  Laksda TNI (purn) Dr.Ir. Avando Bastari M.Phil. M.Tr.Opsla.IPM, ASEAN, Eng selaku Ketua Pengawas Yayasan Nala beserta Laksda TNI( purn) Ken Tri Basuki, M.si ( Han), CHMRP sebagai Ketua Pengurus Yayasan Nala. Adapun dari Rektorat dihadiri oleh Rektor : Laksda  TNI (Purn)

Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR yang diwakili oleh Wakil Rektor II : Laksda TNI (Purn)

Prof. Dr. Drs. Ir. Siswo Hadi Sumantri, M.MT., M.Tr.Opsla., IPU., ASEAN Eng disertai oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., M.S., P.B.O dan Wakil Rektor III : Laksda TNI (Purn) Dr. Sulistiyanto, SE., MM., M.Sc., PSC. Sedangkan dari wahana utama pendidikan dihadiri oleh Kepala RSPAL Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. Gigih Imanta Sp.PD, FINASIM, MM didampingi Kepala Komkordik dan Kadepdiklitbang RSPAL. Dan Kepala Lakesla Kolonel laut (K) dr.Rudy Pandapotan Napitupulu Sp.B-KBD didampingi Kabagdiklitbang Lakesla. Adapun dari Fakultas Kedokteran Universitas HangTuah dihadiri oleh Dekan FK UHT Kolonel laut( purn) dr. Jati Widodo EP, Sp.KL Subsp.PH(K), M.Kes disertai oleh Wakil dekan 1, wakil dekan 2 dan wakil dekan 3. Kepala GKM dan Sekretaris MEU. Didampingi oleh Kaprodi Sp.KL FK UHT Kolonel laut (K) Dr.dr. Hisnindarsyah SE M.Kes MH. Sp.KL. Subsp.KT(K), C.FEM dan Sekretaris Prodi Sp.KL FK UHT Letkol laut( K/W) Dr.dr.Titut Harnanik Sp.KL. Subsp. PH( K), M.Kes beserta tim perintis Prodi SpKL FK UHT.

Rektor Universitas Hang Tuah yang diwakili oleh Wakil Rektor 2  menyampaikan terimakasih atas kesediaan tim Visitasi KKI untuk melakukan peninjauan langsung ke lapangan untuk melihat persiapan pendirian Prodi Sp.KL FK UHT sekaligus memberikan saran masukan sehingga persiapan pendirian prodi ini menjadi lebih baik sesuai standard regulasi yang berlaku. 

Dari pihak Yayasan yang disampaikan oleh Ketua Pengurus Yayasan Nala, menyampaikan rasa hormat atas dukungan yang diberikan oleh KKI atas pendirian prodi Sp KL di FK UHT karena ini merupakan bagian dari visi dan misi yang harus dilaksanakan oleh yayasan yaitu mendukung Universitas Hang Tuah menghasilkan lulusan yang berwawasan kelautan dan kemaritiman. Adapun Kepala RSPAL Ramelan Surabaya menyampaikan bahwa RSPAL Ramelan sebagai RS pendidikan utama FK UHT siap dan mendukung penuh pendirian Prodi Sp.KL baik sarana prasarana maupun SDM yang dibutuhkan. Termasuk Lakesla sebagai wahana pendidikan pun telah siap mendukung seperti disampaikan oleh Kalakesla. 

Dekan FK UHT melalui sambutannya menyampaikan terimakasih pada KKI utamanya konsil pendidikan KKI yang selama ini telah memberikan bimbingan dan arahan dengan penuh kesungguhan sehingga progress pendirian prodi Sp KL FK UHT pun sampai pada tahap Visitasi kelayakan berupa tinjauan lapangan ke Wahana. Ketua Divisi pendidikan profesi Konsil Kedokteran menyampaikan bahwa KKI sangat mendukung penuh pendirian program karena secara visi misi sarpras dan SDM terkait telah ada di Universitas  Hang Tuah. Namun penyesuaian termasuk perbaikan tetap perlu dilakukan agar nantinya outcome lulusan memiliki kualitas sesuai standard kompetensi sesuai regulasi yang berlaku. Acara yang berlangsung tiga hari ini sangat padat. Karena diisi dengan paparan oleh calon Kaprodi KPS Sp.KL FK UHT, tanggapan dari Konsilor KKI dan diskusi. Selanjutnya dilakukan peninjauan ke lapangan  di lingkungan FK UHT, RSPAL Ramelan Surabaya dan Lakesla drs.med Riyadi Sastropanoelar Phys. 

Acara ditutup dengan exit conference berupa masukan konsilor KKI yang dipimpin Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran yang dihadiri okeh seluruh stake holder. Dan kegiatan diakhiri  dengan penanda tanganan oleh Berita Acara Visitasi KKI pembukaan Prodi PPDS Spesialis Kedokteran Kelautan Oleh Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran KKI dan Rektor Universitas Hang Tuah, Ketua Divisi Registrasi Konsil Kedokteran gigi dan  Kepala RSPAL Ramelan Surabaya, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah dan Ketua Program Studi ( KPS) PPDS Spesialis Kedokteran Kelautan. ( HSD/FKUHT).

Sumber : dr. Hisnindarsyah FK.UHT

Posting Komentar

0 Komentar