Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Gelar Upacara Bendera Kodim 1003/HSS Peringati Hari Lahir Pancasila

KANDANGAN | Komando Distrik Militer (Kodim) 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS) gelar upacara Bendera dalam rangka peringati hari Lahir Pancasila tahun 2023, dengan maksud untuk menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia Pancasila. Kamis (1/6/23).

Sejak melalui momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan atau yang disingkat BPUPKI dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia, pada tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, hal ini merupakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada 1 Juni 1945, yang disampaikan oleh Presiden Pertama Soekarno saat pidatonya.

Upacara Bendera digelar di lapangan Makodim 1003/HSS Jl. A.Yani Kelurahan Kandangan Kota Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang di ikuti seluruh Perwira, Bintara, Tantama dan PNS Kodim, beserta Balak Aju di wilayah Kodim 1003/HSS.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M.M.M membacakan amat dari Panglima TNI yang mengatakan bahwa Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan.

Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika, terangnya.

Melalui amat tersebut juga disampaikan beberapa penekanan  iantaranya TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Terlebih saat ini tahapan Pemilihan Umum serentak telah dimulai, untuk itu saya perintahkan kalian semua untuk tetap menjaga netralitas TNI.

Lebih lanjut dijelaskan untuk selalu menjadi perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat, tegasnya


@pendim1003

Posting Komentar

0 Komentar