Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Danlantamal XI Merauke Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

TNI AL, Lantamal XI, 01 Juni 2023 | Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H. pimpin upacara peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dengan tema "gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global" bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XI, Jalan Noari Kab Merauke Provinsi Papua Selatan, Kamis (01/06).

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin penaikan bendera merah putih, mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan pembukaan UUD tahun 1945 dan Pembacaan amanat Panglima TNI.

Dalam sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan  Irup mengatakan, Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Lebih Lanjut Panglima TNI dalam amanatnya menyampaikan, Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. 

Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila dihadiri oleh Wadan Lantamal XI, para PJU Lantamal XI, para Kasatker Lantamal XI, para Perwira, Prajurit dan PNS Lantamal XI serta Yonmarhanlan XI.


(Dispen Lantamal XI).

Posting Komentar

0 Komentar