Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Tokoh “Cik Uniang Berbagi” itu Dipercaya Jabat Kapolsek Pariaman

Kota Pariaman | Gerakan sosial kemasyarakatan melalui kegiatan “Cik Uniang Berbagi” yang dilakukan Polres Pariaman selama ini, sebenarnya tak terlepas dari "lakek tangan" AKP Haryanis Bahri SH yang dipercaya menjabat Kasat Binmas semenjak bulan Mei 2022 lalu.

Wanita kelahiran Sijunjung yang merupakan tamatan Sekolah Bintara (Seba) Polsukwan 1987/1988 yang kini telah menyandang pangkat perwira pertama (pama) Ajun Komisaris Polisi (AKP) ini baru saja dilantik menjadi Kapolsek Pariaman menggantikan rekan seangkatannya AKP Edi Karan Prianto, SH, MH, pada Kamis pagi 14 April 2023,  di Mapolres Pariaman.

Dengan dilakukannya pelantikan dan serah terima jabatan Kapolsek Pariaman yang dilakukan oleh Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz SIK tersebut, sekaligus tercatat dalam lembaran sejarah Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) bahwa AKP Haryani Bahri merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai Kapolsek di jajaran Polres Pariaman. Sementara AKP Edi Karan Prianto diamanahi dengan jabatan Kasubbag Biro Ops Polda Sumbar.

Diketahui pada hari Kamis pagi 14 April 2023 itu juga dilakukan pelantikan dan serahterima jabatan Kabag SDM Polres Pariaman dari Kompol Eri ke AKP Masrizal, dan Kompol Eri dipromosikan menjadi Kabag SDM Polresta Padang.

Sementara jabatan Kasat Binmas Polres Pariaman yang kosong pasca ditinggalkan AKP Haryanis Bahri diisi oleh AKP Sirjon Hardi.

Sebagai Kapolsek Pariaman yang baru, AKP Haryani kepada awak media ini mengaku akan tetap mengusung pendekatan kemanusiaan dalam kepemimpinannya. Baginya, pendekatan lunak melalui aspek kemanusiaan merupakan hal terpenting dalam institusi polri yang presisi.

"Tugas Polisi itu sangat mulia. Mulia bukan hanya karena menjaga keutuhan NKRI, tapi bagaimana membuat manusia menjaga kemanusiaan, manusia menghormati satu sama lain. Ini penting," ujar Haryani.

Sepertinya pendekatan kemanusiaan selama ini telah terimplementasi dalam diri AKP Haryani yang pernah menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Pariaman melalui program-program kemanusiaan yang dilakukannya bersama Kapolres, Wakapolres dan pejabat utama Polres Pariaman lainnya 

Melalui pendekatan selaman ini Haryani Bahri berupaya melakukan penanaman nilai-nilai nasionalisme serta nilai-nilai non-kekerasan, dengan strategi pendekatan menggandeng tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan stakeholder lain dalam memberikan nilai-nilai melalui pendekatan lunak, dengan mengedepankan aspek kemanusiaan.

HUMAS IKW-RI

Posting Komentar

0 Komentar