Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Dengan Pondok Ramadhan, SMK KAL-1 Tingkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Siswa

Surabaya, (10/04) | Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya selama 4 hari (10-14 April 2023) melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan bagi siswa Kelas X yang di kawal langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam serta  beberapa guru pendamping lainnya.

Selama kegiatan  Pondok Ramadhan  SMK KAL-1 di ikuti oleh 233 siswa dari semua jurusan, Teknik  Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL) , Teknik  Audio Video ( TAV).  Tema Pondok Ramadhan  kali ini  “ Dengan Bulan Ramadhan Kita Wujudkan Generasi  Sekolah Yang Taat Beribadah dan Berprestasi”.

Kasatdik  SMK KAL-1 Munawar, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan  bahwa  di momentum bulan Ramadhan ini, saya mengajak dengan sungguh-sungguh agar  siswa  dapat memanfaatkan untuk  memperbanyak ibadah dengan menambah sholat nya dari sholat lima waktu saja yang sudah merupakan kewajiban umat Muslim menjadi bertambah dengan Sholat taraweh dan sholat sunah yang lain, menambah waktu belajarnya, mengasah ketrampilan sesuai kompetensi keahlian yang sedang ditempuh di sekolah saat waktu yang longgar baik di sekolah ataupun di rumah, juga tidak lupa menambah aktivitas untuk berbakti kepada kedua orang tua. Di tambahkan oleh Kepsek  bahwa dalam bulan Ramadan ini, janji Allah dalam Al Qur'an,  Allah lipat gandakan amal dan ibadah kita.

Sementara itu Moch Choirul Umam S.Pd dan  Muhammad Hamzah S.E yang kesehariannya selaku guru agama Islam,  selama Pondok Ramadhan akan menyampaikan materi beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan,  Syarat wajib puasa dan hal-hal yang berkaitan dengan puasa. Setiap hari pondok Ramadhan di awali dengan sholat dhuha berjamaah, pembacaan surat Al Waqiah ( surat ke-56 ) yang bermakna Hari Kiamat, kemudian di lanjutkan dengan tadarus Aqur’an dengan surat yang lain dan di akhiri dengan penyampaian materi pokok.

Kegiatan Pondok Ramadhan  SMK KAL-1,  bertujuan untuk membina generasi muda, agar memiliki pengetahuan agama yang baik, sebab diakui oleh  guru agama ini bahwa  persoalan generasi muda saat ini  semakin memprihatinkan. Kurangnya sopan santun, kepekaaan sosial dan lunturnya rasa persatauan dan kesatuan, sehingga perlu terus dilakukan adaptasi dengan kegiatan positif, seperti Pondok Ramadhan. Tema pondok ramadhan SMK KAL-1   “  Dengan Bulan Ramdhan Kita  Wujudkan Generasi Sekolah YangTaat Beribadah dan Berprestasi”.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar