Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Ratusan Bintara Jalani Sidang Pantukhir Diktukpa TNI AL Angkatan LIII Tahun 2023

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 15 Maret 2023 | Dalam rangka mencari calon perwira terbaik, ratusan Bintara TNI Angkatan Laut (TNI AL) menjalani Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut  Angkatan LIII Tahun 2023, yang dipimpin langsung Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI Rahmad Wahyudi, bertempat di Gedung R. Moelyadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu, (15/03).


Sidang Pantukhir yang diikuti 230 Prajurit strata Bintara dari berbagai Kotama TNI AL tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Kadisminpersal) Laksma TNI Ashari Alamsyah, Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Arif Badrudin, dan Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo.

Sebelum melaksanakan sidang pantukhir para Casis telah menjalani berbagai tahap tes mulai dari tes Kesehatan fisik, Kesehatan jiwa (Keswa), Kesegaran Jasmani (Garjas), Psikologi, Mental Idiologi, akademik dan profesi.

Setelah melaksanakan sidang Pantukhir selanjutnya para Casis akan memulai pendidikan di Puslatdiksarmil Kodiklatal. Adapun pembukaan pendidikan rencananya akan dilaksanakan pada Kamis besok, (16/03) yang dipimpin langsung Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono. Para calon perwira tersebut juga akan mengikuti Pendidikan Dasar Golongan selama tiga bulan di Puslatdiksarmil dan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan di Pusdik-Pusdik jajaran Kodiklatal sesuai dengan korpsnya masing-masing.

Saat membuka Sidang Komisi Pantukhir, Aspers Kasal menyampaikan bahwa, Diktukpa TNI Angkatan Laut merupakan pendidikan untuk membentuk bintara yang terpilih dan memenuhi syarat menjadi perwira, dengan mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang telah dimiliki. Sasaran dari pendidikan ini diarahkan pada pembentukan sikap perilaku ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta kesamaptaan jasmani sebagai profesional perwira yang handal.

“Para calon siswa ini telah melaksanakan tes seleksi Diktukpa dari tanggal 27 Februari sampai 15 Maret 2023. Dalam penentuan kelulusan, beberapa hal yang menjadi perhatian dari peserta seleksi antara lain, prestasi kerja, loyalitas, dedikasi, moralitas serta komitmen untuk kemajuan organisasi,” kata Laksda Rahmad.

Sebelumnya, Aspers Kasal juga berkesempatan melaksanakan Courtesy Call kepada Dankodiklatal Letjen TNI ( Mar )
Suhartono dalam rangka melaporkan kesiapan pelaksanaan Pantukhir Diktukpa TNI AL yang diikuti 230 bintara dari seluruh Kotama TNI AL di Indonesia.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar