Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

KOARMADA III SIAPKAN PASUKAN REAKSI CEPAT DALAM LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA

TNI AL/Koarmada III | Panglima Koarmada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han membuka Latihan Penanggulangan Bencana Koarmada III TA 2023 di Mako Koarmada III, Sorong, Papua Barat Daya, Senin (13/03/2023).

Latihan Penanggulangan Bencana Alam TA 2023 yang diselenggarakan oleh Koarmada III ini dilaksanakan di daerah rawan bencana di wilayah Ambon selama delapan hari dimulai dari tanggal 13 Maret sampai dengan 20 Maret 2023.

Pangkoarmada III dalam sambutannya mengatakan bahwa Koarmada III sebagai Kolaktama Koarmada RI diharapkan mampu memberikan dukungan bantuan penanggulangan bencana alam, terutama saat tahap pelaksanaan tanggap darurat dalam mengatasi musibah bencana alam dengan membentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Koarmada III dan jajarannya dengan bersinergi bersama pemerintah daerah dan instansi terkait.

Mencermati keadaan lingkungan geografi Indonesia, maka TNI dalam melaksanakan tugas OMSP, dituntut harus mampu bersinergi dengan masyarakat dalam mengantisipasi atau menanggulangi bencana alam. Oleh karena itu tidak hanya dibutuhkan sikap mental serta dedikasi akan tetapi juga profesionalisme yang didasari oleh loyalitas serta kapabilitas yang tinggi dalam memberikan bantuan kemanusian dan tanggap darurat terhadap  penanggulangan bencana alam, lanjut Panglima.

Adapun fokus dari latihan ini adalah untuk mewujudkan empat sasaran penting antara lain: mampu membentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Koarmada III yang bersinergi bersama pemerintah daerah dan instansi terkait, terwujudnya sinergitas dan interoperability guna menghadapi keadaan yang sebenarnya, mampu mengimplementasikan Standar Operasional Prosedur keamanan dalam memberikan dukungan bantuan kemanusian untuk penanggulangan bencana alam dan terlaksananya latihan pratugas penanggulangan bencana alam TA 2023 secara profesional serta mengedepankan kerjasama yang solid, tegas Panglima.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.

Posting Komentar

0 Komentar