Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Prajurit Koarmada III Laksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan Sea Survival

TNI AL/ Koarmada III | Setelah dibuka oleh Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han pada beberapa hari lalu, Latihan Peningkatan Kemampuan Sea Survival Prajurit KRI/KAL Koarmada III TA 2023 menuju tahap praktek lapangan di laut sebenarnya, tepatnya di Perairan Pulau Makmak Kab Sorong Papua Barat Daya. Rabu (22/02/23).

Dimana sebelumnya para peserta Latihan yang terdiri dari Prajurit KRI/ KAL dan Staf  Koarmada III, menerima pelajaran kelas berupa teori-teori yang disampaikan instruktur dari Satkopaska Koarmada III, selanjutnya pada tahap pelaksanaan praktek lapangan, para peserta langsung melaksanakan praktek berupa teknik-teknik dalam Sea Survival bertempat di perairan sekitar Pulau Makmak.

Dalam praktek lapangan Latihan Sea Survival tersebut, diasumsikan seolah-olah kejadian yang sebenarnya, dimana para peserta dilatih untuk bisa mengatasi bagaimana memberikan bantuan kepada seseorang yang tengah mengalami musibah serta bagaiman bisa bertahan dalam air baik perorangan mapun tim sambil menunggu bantuan di laut.

Dikatakan Komandan Satkopaska Koarmada III Kolonel Laut (P) Mohamad Machri Mokoagow, M.Tr. Hanla. selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat), bahwa tujuan latihan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan  Prajurit Koarmada III, baik perorangan maupun secara tim (Kesatuan) dalam melaksanakan Sea Survival apabila terjadi kecelakaan pada lepas pantai maupun di KRI/KAL dengan baik dan benar sesuai prosedur.

Adapun materi latihan  adalah Renang, Water Trapen, Dumboat, Teknik Bertahan Hidup, dan Mendayung Perahu Karet, sedangkan waktu pelaksanaan  sekitar dua minggu dengan daerah Latihan adalah Gedung Serbaguna Mas Pardi, Kolam Renang Tirto Segoro, Dermaga Mako Koarmada III, Perairan Pulau Makmak  dan sekitarnya, ungkap Dansatkopaska Koarmada III.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Posting Komentar

0 Komentar