TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 2 Januari 2022 | Siswa Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut (Pusdik Pomal) yang berada di bawah jajaran Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), melaksanakan latihan praktek (Lattek) Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) dan Yustisi yang berlangsung di area Graha Samudera Bumimoro, Surabaya, Senin (2/1/2023).


Tercatat 21 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLII Gelombang 1 tahun 2022 Kejuruan Pomal mengikuti lattek yang merupakan salah satu bagian dari Lattek Widhayaka Pratama-5 Polisi Militer. Pelaksanaan lattek ini bertujuan agar siswa yang sedang menempuh pendidikan di Pusdik Pomal dapat memahami tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai Polisi Militer Angkatan Laut yang tanggon, trengginas dan berdedikasi tinggi.


Dalam lattek tersebut para siswa mengaplikasikan teori yang telah didapat, sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka saat melaksanakan fungsi Opsgaktib dan Yustisi di tempat yang dilarang didatangi anggota TNI,  guna menegakkan tata tertib prajurit TNI. 


Kegiatan ini juga sekaligus merupakan pendalaman materi dan praktek bagi siswa Pomal serta bagian dari program pendidikan yang telah diagendakan oleh Pusdikpomal. Diharapkan setelah lulus dapat menjadi prajurit Pomal yang siap dalam melaksanakan tugas sehari-hari, maupun saat manuver di lapangan nanti.


Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal