Jakarta, (09/12) | SMP Hang Tuah 2 Jakarta melakukan terobosan spekrakuler (07-09) Desember 2022 dengan menggelar Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari “ 2022 yang di laksanakan  Di Bumi Perkemahan Pos Tni Al Tanjung Pasir. Perkemahan ini di buka langsung oleh  Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) . DR. Dani Achdani,  S.Sos.,S.E.,M.A.P

Peserta Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari” 2022 merupakan seluruh siswa SMP Hang Tuah 2 Jakarta kelas  VII  sebanyak 138 siswa  tahun  ajaran 2022/2023 dengan  11 siswa kelas VIII  sebagai tim mentornya serta  25 guru  pendamping yang di pimpin langsung oleh Kasatdik SMP Hang Tuah 2 Jakarta  Drs Aris Supriyanto. 

Kasatdik SMP Hang Tuah 2 Drs Aris Supriyanto   menyampaikan laporan kepada Ketum YHH bahwa kegiatan ini merupakan bentuk  Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan oleh satuan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila akan dikemas melalui kegiatan perkemahan kepramukaan. Selain itu, kegiatan tersebut akan berkesinambungan dengan mata pelajaran kebaharian. 

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Laksda (Purn) . DR. Dani Achdani,  S.Sos.,S.E.,M.A.P  dalam sambutan pada pelaksanaan Pembukaan Perkemahan  “ Jejak Langkah Laskar  Baharui “ 2022 mengutarakan bahwa konsep pembelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi siswa untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti.   Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari, melihat, dan menambah wawasan dengan jalan melihat dan merasakan langsung ke tempat yang menjadi ranah tambahan ilmu pengetahuan, sehingga siswa dapat membandingkan teori kebahariaan di sekolah dengan dunia nyata atau secara praktek.

Oleh karena itu dengan dilaksanakannya kegiatan diluar sekolah seperti pada perkemahan ini adalah merupakan pembelajaran secara langsung menyatu bersama alam dengan melihat dan merasakan langsung sehingga siswa mendapatkan pengalaman, seperti yang diamanatkan dalam capain pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka,  sehingga tepat saat ini dilaksanakannya perkemahan “Jejak Langkah Laskar Bahari “ yang dikemas kedalam kegiatan ekskul wajib kepramukaan sesuai dengan Permendikbud No 81 A, dimana gerakan pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, menumbuhkan semangat jiwa patriotik dan jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka.

Salah satu ciri khas sekolah-sekolah yang berada dalam binaan Yayasan Hang Tuah adalah kurikulumnya memuat materi pelajaran kebaharian. Materi pelajaran kebaharian salah satu materi didalamnya memuat tentang sejarah kebudayaan bahari di Indonesia, wilayah yurisdiksi nasional, khazanah kekayaan alam laut Indonesia dan keanekaragaman flora dan fauna. Hal ini tentu saja sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Vero Yudo Margono dan Ketua Pengawas Ny Wiek Ahmadi Heri beberapa waktu lalu . 

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana  Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari “ 2022 M. Reza Syach Putra, S. Pd, untuk mendukung pencapaian sasaran  perkemahan ini dengan moto  “ Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan” khususnya di lingkungan Satdik  Yayasan Hang Tuah yang sangat  mengedepankan  Wawasan Kebaharian kepada seluruh siswanya. Maka di berikanlah materi yang meliputi  materi dan simulasi Saka Bahari, materi dan simulasi mitigasi bencana, perlombaan masak perkemahan  dan hasta karya, penampilan kesenian dengan tim kearifan lokal  ( kebudayaan Betawi). Pada pelaksanaan perkemahan ini, materi di sampaikan oleh para guru SMP Hang Tuah 2 serta melibatkab anggota TNI AL dari satuan Yonmarharlan. 

Turut hadir dalam upacara Pembukaan Perkemahan , “ Jejak Langkah Laskar Bahari “ 2022  seluruh Pengurus Initi  Pusat Yayasan Hang Tuah yang terdiri dari  Anggota Pembina  Bidang Umum Pusat YHT Laksma   (Purn) Drs. Rosehan Chaidir, M.A.P ,  Anggota  Pengawas Pusat YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP,  Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang Pusat YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabidik Pusat YHT Kol (Purn)  Regeng Pramono, S. Kom., M.M. serta Ketua Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah  Kol (Purn) Drs. Hadi Sutrisno, M.A.P.

(yht/dar)