Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Kontingen Satdik Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Juara 3 Kirab HUT KE-78 TNI AL Tahun 2023

Surabaya, (17/09) | Kirab kota Surabaya (17/09/23) "Kota Surabaya sebagai Navy City" HUT ke-78 TNI Angkatan Laut   di ikuti oleh  7 Kotama TNI AL dengan menurunkan ribuan prajurit sebagai peserta Kirab Kota, yaitu Kodiklatal , Koarmada II, AAL, Puspenerbal, STTAL, Pasmar-2 Marinir dan RSPAL dr. Ramelan. Selain itu turut meramaikan Kirab Kota yakni Satuan dari TNI AD dan TNI AU, Bea Cukai dan Polair, siswa dari Satuan Pendidikan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah,  SMA Taruna Nala , SMA Taruna Madani, serta dari komunitas Seni Budaya Surabaya.

Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono mewakili Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kirab Kota hari ini adalah menghadirkan TNI Angkatan Laut di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat Surabaya dan generasi muda bahwa Surabaya selain sebagai Kota Pahlawan juga sebagai Kota Angkatan Laut karena memiliki pangkalan TNI Angkatan Laut yang terbesar di Indonesia.  Selain itu kirab kota sebagai upaya untuk lebih merekatkan TNI Angkatan Laut kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya sehingga masyarakat merasa ikut memiliki TNI Angkatan Laut dan menjadi bagian dari warga masyarakat Surabaya pada khususnya demikian pula kirab kota ini menyajikan berbagai demonstrasi ketangkasan prajurit - prajurit dan menghadirkan alutsista sebagai upaya untuk meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap TNI pada umumnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecintaan dan ketertarikannya untuk bergabung dengan TNI khususnya bagi generasi muda.

Sementara itu Sekdaprov Jatim Ardhy Karyono mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa  menyambut baik acara Kirab Kota Surabaya dimana satu-satunya acara HUT TNI AL diadakan meriah sehingga masyarakat Surabaya merasa bersyukur dan berterima kasih bisa melihat atraksi dan semua kekuatan (TNI AL) yang selama ini tidak bisa dilihat begitu saja.  “Ini menandakan Kota Surabaya benar-benar adalah Kota Maritim , Kota Angkatan Laut. Semoga bisa dilaksanakan lagi di lain waktu dan tempat. Hal ini (Kirab Kota) menunjukkan TNI AL menyatu dengan masyarakat,” tuturnya.

Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP secara terpisah menjelaskan bahwa Satuan-Satuan Pendidikan yang berada dalam tanggung jawabnya ( SMA Hang Tuah 1, SMA Hang TuH 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1, SMK KAL-2, SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah) turut dalam kirab dengan tema" Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Malaju Untuk Indonesia  Maju". Disamping itu kehadiran 2 anak TK Hang Tuah 3 yang berperan dalam penyambutan kehadiran Komandan Kodiklatal untuk pengalungan bunga dan demontrasi tari Nusantara oleh siswa SD Hang Tuah 3 sebagai pembuka rangkaian kegiatan kirab.

Kontingen Satdik-satdik Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dalam kirab kota tersebut menampilkan Kolaborasi drum band dari SMA Hang Tuah  1, 2, 5 dan SMK KAL 1, siswa  SMA Hang Tuah 4  dengan  Kostum Mojopahitan, siswa  SMA KAL 2 dengan membawa kapal  hias, siswa SMA  Hang Tuah 1 dengan tenu biru muda, siswa SMK KAL 1 dengan  menggunakan seragam kebesaran, siswa  SMK KAL 2  menggunakan tenu pelayaran coklat , siswa  SMK Farmasi Sekesal  Hang Tuah dengan tenu  Paskib, 1 SMK KAL-2 produk kapal 1 unit, 

Saat berada di daerah star, disuguhkan sejumlah demontrasi  antara  lain, Kolone Senapan dari Batalyon Infanteri 5 Marinir, Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL, Demo Terjun Payung dari Pasmar-2, dan flypass dari tiga pesawat helikopter Bell-505 dari Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal). Dan melengkapi kemeriahan di area Start maka di area Finish nanti masyarakat akan dihibur oleh penampilan Campursari Tirto Gumelar Kodiklatal, Raksa Band Marinir dan Ridho KDI.

Perjalanan kirab "Kota Surabaya sebagai Navy City" dengan star dari Jalan Pahlawan , Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan dan berakhir di Jalan Gubernur Suryo atau Grahadi dengan menempuh jarak 2,5 Km. Hasil akhir kirab tersebut keluar sebagai juara 1 Kontingen Kodiklatal, juara 2  kontingen AAL dan juara 3 kontingen Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah. Sebagai juara 3 Yayasan Hang Tuah berhak menerima dana pembinaan sebesar  7,5 juta rupiah, juara 1 Kontingen dari Kodiklatal , menerima dana pembinaan sebesar 15 juta rupiah dan juara 2 dari kontingen AAL berhak menerima dana pembinaan sebesar 10 juta rupiah.

Hadir dalam kirab tersebut seluruh pengurus inti Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah, Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd,  Bendahara Hestanofia , S.E,  Kabiddik Dra. Ramayanti, Kabidbang  Kolonel (Purn) Herlinawati, Kasatdik TK Hang Tuah 3, Kasatdik SD Hang Tuah 3, Kasatdik SMA Hang Tuah 1, Kasatdik SMA Hang Tuah 2, Kasatdik SMA Hang Tuah 4, Kasatdik SMA Hang Tuah 5, Kasatdik SMK KAL-1, Kasatdik SMK KAL-2 dan Kasatdik SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar