Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Koarmada III Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

TNI AL/ Koarmada III | Bertempat di Lapangan Apel Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, Kepala Staf Koarmada III  Laksamana Pertama TNI  Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, dengan mengusung tema “ Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Kamis (1/6/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Koarmada III, membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yang menyampaikan bahwa Pancasila merupakan Dasar Negara serta Landasan Ideologi Bagi Bangsa Indonesia, setiap nilai luhur yang terkandung didalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

Lebih jauh Panglima TNI mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu Panglima TNI menegaskan, sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Pada bagian lain Kepala Staf Koarmada III, menyampaikan beberapa penekanan Panglima TNI, yaitu : Pertama, TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kedua, jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan, dan yang Ketiga, jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya.

Upacara tersebut diikuti dengan khidmat oleh segenap Prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Koarmada III, serta dihadiri Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI  Achman Santoso, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, serta Pejabat Utama Koarmada III dan Kasatker Koarmada III.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Posting Komentar

0 Komentar