AAL, (3/5/2023) | Selain perkembangan Alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Laut yang nantinya tempat dimana para lulusan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) ditempatkan, menuntut perubahan kurikulum dan metode pembelajaran yang bisa menunjang perkembangan pembelajaran Taruna AAL selaku peserta didik. Menurut Wagub AAL Laksamana Pertama TNI Dato Rusman SN. Smart Campus adalah salah satu sarana dalam rangka modernisasi fasilitas dan metode pembelajaran tersebut.

“Untuk itu para Gadik AAL agar segera menyesuaikan sehingga keberadaan Smart Campus bisa dimanfaatkan secara optimal”, ujar Wagub AAL kepada Gadik AAL saat acara Temu Gadik AAL di ruang Auditorium Kompleks Ki Hajar Dewantara, Kesatrian  AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu(3/5).

Lebih lanjut Wagub AAL mengatakan bahwa proses pembelajaran di lembaga AAL tidak terlepas dari 10 komponen pendidikan yang salah satunya adalah Tenaga Pendidik (Gadik) dan Tenaga Kependidikan (Gapendik), sehingga diharapkan para Gadik AAL dapat menerapkan metode tersebut dan memberikan konstribusi terbaik bagi peningkatan kualitas pendidikan Taruna AAL, agar setelah lulus dari Akademi Angkatan Laut dan berdinas di kesatuan nantinya betul-betul siap pakai. 

Kemudian para Gadik AAL menerima penjelasan lebih lanjut mengenai Smart Campus System AAL oleh Bapak Arman dari PT. Mina Karunia Sejahtera. Ia menjelaskan bahwa Smart Campus System diantaranya memiliki karakteristik seperti Smart Class, Smart Learning dan Smart Management yang ditunjang oleh Hardware maupun Software System.