Nias, (14/05) | Dalam rangka meningkatkan kwalitas pendidikan di SMA  Taruna Hang Tuah Gunungsitoli Nias, seluruh jajaran manajemen SMA Taruna Hang Tuah (13/05/23) melaksanakan studi banding  ke SMA S 1 Pemb Gunungsitoli Nias yang di pimpin langsung oleh Kasatdik/ Kepala Sekolah Theo M Saota, S.Pd.

Kasatdik SMA Taruna Hang Tuah Theo M Saota, S.Pd   mengawali kunjungannya ke SMA S 1 Pemb  menyampaikan bahwa maksud dan tujuannya melaksanakan studi banding tersebut disamping untuk bersilaturahmi juga untuk menimba ilmu kepada  SMA S 1 Pemb  yang sudah berusia kurang lebih 40 tahun sejak berdirinya sekolah ini. Tentu saja dengan usia yang setua ini banyak sekali kemajuan, prestasi yang telah diraihnya sehingga SMA Taruna Hang Tuah sangat perlu untuk mencontohnya.

Disamping itu SMA Taruna Hang Tuah juga sangat perlu belajar dari karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah ini, serta membangun komunikasi dan kolaborasi antara SMA Taruna Hang Tuah dengan SMA Swasta 1 Pembda Gunungsitoli serta  dapat meningkatkan hubungan kita kedepannya, demi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan pendidikan di Kepulauan Nias, terutama di kota kami di Teluk Dalam Nias Selatan.

Sementara itu Ketua Pengurus Perwakilan Nias Yayasan Hang Tuah Letda Laut (K) dr. M Agung Bhaskoro yang turut mengawal kegiatan ini menyampaikan bahwa , “Setalah pandemi COVID-19 melanda dunia, Indonesia menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan, segalanya berubah termasuk paradigma pendidikan dan cara-cara belajar mengajar di sekolah. Ditambah lagi dengan segala perubahan, kita dituntut untuk terus maju sesuai perkembangan zaman.  Studi banding yang dilaksnakan Bapak Ibu Guru SMA Taruna Hang Tuah Nias bertujuan untuk mempelajari sistem Kurikulum Merdeka yang telah diimplementasikan di SMAS 1 Pembda Gunungsitoli, bagaimana proses pembelajaran, asesmen, hingga Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah” tuturnya.

Kepala  Sekolah SMA S 1 Pembda Gunungsitoli Berliance Zemira Zebua, S.Pd memaparkan bahwa  sekolahnya  yang berada dibawah naungan Yayasan Perguruan Pembda (Pembangunan Daerah) Nias  telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek RI sebagai satu-satunya sekolah di tingkat SMA yang menjadi Sekolah Penggerak di wilayah Kepulauan Nias. Tentu kepercayaan dari pemerintah ini dapat kami raih dengan kerja keras dan kolaborasi seluruh unsur sekolah,  Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru  karyawan dan murid di SMAS 1 Pembda. Sekolah ini  telah menerapkan kurikulum merdeka, dengan kategori Mandiri Berubah, sehingga proses pembelajaran di sekolah kami menjadi berubah seluruh paradigma pendidikannya. Guru-guru menjadi penting dalam proses pembelajaran karena Guru dituntut untuk menguasai IT, digital dan computer. Karena disekolah ini kegiatan proses belajar mengajar sangat erat menggunakan computer dan teknologi. Murid juga dapat belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar ruang kelas, ke alam, dan ke lingkungan sekitar, tidak lagi dibatasi oleh ruang kelas. Murid juga diberikan kebebasan mengembangkan minat dan bakatnya baik dari sisi Seni Budaya, Olahraga, dan Sains.

Tidak ketinggalan Ketua  Yayasan  Perguruan  Pembangunan  Daerah Nias  Yulius Zega, S. Kom juga menyampaikan kebijakan-kebijakan Yayasan yang ia pimpin  kepada seluruh manajemen SMA Taruna Hang Tuah sehingga  SMA Swasta 1 Pembda Gunungsitoli mampu menjadi panutan dan contoh (role model) bagi sekolah-sekolah disekitarnya.  Yayasan  menerapkan manajemen terbuka di Yayasan, setiap pengurus memiliki job description masing-masing dan keuangan dilaporkan secara terbuka dalam laporan tahunan,  Yayasan hanya menetapkan arah kebijakan, dan tujuan . Kepala Sekolah tiap-tiap sekolah silahkan menterjemahkan arah tersebut ke dalam hal-hal teknis di lapangan,  Yayasan tidak mencampuri pengelolaan Dana BOS di Sekolah. Yayasan hanya menetapkan arah kemajuan pendidikan, hal-hal yang prioritas saja. Pelaksanaan dana BOS mulai dari Perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan dikerjakan secara penuh oleh Sekolah

Dengan telah melaksanakan studi banding ke SMA S1 Pemd Gunungsitoli dan telah mendapatkan penjelasan dari Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan tersebut lengkaplah sudah segala  apa-apa yang harus di bawa pulang ke SMA Taruna Hang Tuah, meniru hal-hal positif yang ada di SMA S1 Pemb Gunungsitioli Nias untuk pengembangan dan kemajuan SMA Taruna Hang Tuah ke depan.

 (yht/dar)