Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Semangat Untuk Bangkit, AAL Peringati Harkitnas Ke-115

AAL, (22/5/2023) | Akademi Angkatan Laut menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2023 yang dipimpin oleh Kepala Departemen Tenaga Pendidik (Kadepgadik) AAL selaku Inspektur Upacara (Irup) dan diikuti prajurit, PNS dan Taruna AAL di lapangan Aru, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (22/5).

Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei tahun ini mengangkat tema “Semangat Untuk Bangkit”.

Pada peringatan Harkitnas kali ini Irup membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) yang menyerukan agar momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional ditandai sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia beberapa waktu yang lalu, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Setiap tahunnya hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei,  tanggal tersebut diambil dari lahirnya organisasi modern pertama di Indonesia yaitu Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Boedi Oetomo didirikan oleh dr. Sutomo bersama pelajar School tot Opleiding Van Inlandsche Artsen (STOVIA) lainnya, yaitu Dr. Douwes Dekker atau dikenal dengan nama Dr. Danudirja Setiabudi dan Dr. Tjipto Mangunkusumo.

Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain dimasa itu. Disamping itu Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia.

Posting Komentar

0 Komentar