TNI AL/ Koarmada III | Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han, yang didampingi Pejabat Utama Koarmada III, perwakilan unsur Forkopimda Kab Sorong serta Pengurus Jalasenastri Armada III,  meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN)  yang berada Kelurahan Katinim, Distrik Salawati, Kab. Sorong Papua Barat Daya. Adapun peresmian tersebut mengangkat tema 'Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut Siap Meningkatkan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera'.Senin (15/05/23).

Peresmian KBN tersebut dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia dengan ditandai penekanan layar sentuh oleh Wakil Presiden RI, Makruf Amin  yang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melalui zoom meeting yang berpusat di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, dan untuk Sorong ditandai dengan penandatanganan peresmian di atas prasasti oleh Pangkoarmada III.

Dalam sambutannya Pangkoarmada III, meyampaikan bahwa pembangunan Kampung Bahari Nusantara merupakan tanggung jawab kita semua, sehingga sangat dibutuhkan kerjasama, kolaborasi dan saling dukung dari semua pihak demi suksesnya program pembangunan tersebut. 

Dengan adanya sinergitas dan soliditas antar unsur yang telah terbangun saat ini, saya optimis pembangunan Kelurahan Katinim sebagai Kampung Bahari Nusantara dapat mendorong perkembangan wilayah setempat menjadi kawasan yang maju, sejahtera, indah, sehat dan dapat berkontribusi terhadap terwujudnya ketahanan nasional yang kuat, ungkap Pangkoarmada III.

Lebih  jauh Pangkoarmada III menjelaskan bahwa Kampung Bahari Nusantara (KBN) merupakan program dari TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diaplikasikan dalam 5 (lima)  Klaster utama yaitu  Bidang Kesehatan, Pendidikan, Pariwisata, Ekonomi, dan Pertahanan.

Pada kesempatan tersebut Pangkoarmada III menyerahkan menyerahan Laptop dan Buku kepada pejabat kelurahan setempat, serta meninjau Klaster, Rumah Pintar dan jembatan penanaman Mangrove.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat