Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Dua Unsur Satuan Kapal Cepat Koarmada III Ikuti Latma Cassoex 2023 dengan Royal Australian Navy

TNI AL/ Koarmada III | Bertempat di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, KRI Bawal-875 dari jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmada III yang akan mengikuti latihan bersama (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) 2023 dengan Royal Australian Navy (RAN),  dilepas Kepala Staf Koarmada III  Laksamana Pertama TNI  Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han),  yang didampingi Pejabat Utama, Komandan Satuan dan Kasatker Koarmada III. Jumat (12/05/23).

Pada pelaksanaanya Latma tersebut, selain KRI Bawal-875, juga diikuti KRI Dorang-874 yang akan menyusul untuk bergabung dalam latihan tersebut, langsung dari Perairan Ternate, setelah selesai melaksanakan tugas pengamanan VVIP Kunjungan Wakil Presiden di Tidore, 

Dikatakan Komandan Satkat Koarmada III, (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) 2023 adalah latihan bersama bilateral Indonesia – Australia, yang rutin diselenggarakan dengan melibatkan unsur-unsur dari kedua negara, dimana latihan tersebut juga disinergitaskan dengan Latma  Albatros  antara TNI AU dengan  Royal Australian Air Force/RAAF.

Selain itu dikatakan Komandan Satkat Koarmada III bahwa latihan tersebut dititik beratkan pada latihan Minor War Vessel yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam patroli keamanan maritim wilayah perbatasan Indonesia – Australia, dan menciptakan kawasan perairan yang terkendali serta membina kerja sama yang positif antara Indonesia dan Australia, khususnya TNI AL, dan RAN.

Sebelum pelepasan Satgas tersebut, Komandan Satuan Kapal Cepat/ Satkat Koarmada III, Kolonel Laut (P) Yudhoko Timuryanto yang juga sebagai Komandan Satgas Cassoex 2023, melaksanakan laporan kesiapan pemberangkatan Satgas Cassoex 2022 kepada Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han yang diwakili Kepala Staf Koarmada III.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Posting Komentar

0 Komentar