Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Taruna AAL Ikuti Asean Cadet Sail 2023

AAL (3/4) | Untuk mempererat hubungan diplomasi dengan negara sahabat, Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat IV Angkatan ke-68 bersama sejumlah negara Asean yang terdiri dari 10 Taruna Indonesia, 2 Taruna Thailand, 2 Taruna Singapura, 2 Taruna Malaysia, 2 Taruna Camboja dan 2 Taruna Vietnam melaksanakan pelayaran bertajuk Asean Cadet Sail 2023 menggunakan KRI Bima Suci selama lima hari berangkat dari Surabaya menuju Batam, Senin (3/4).

Selama dalam pelayaran peserta Asean Cadet Sail mendapatkan banyak pelajaran diantaranya Bestex Matahari yang dilaksanakan di geladak Roundhousedeeck KRI Bima Suci, dimana dalam materi pelajaran tersebut para Taruna diajarkan cara penggunaan Sextant yang benar supaya bisa mengerti kegunaan alat tersebut.  Hal ini dikarenakan ketepatan dalam menghitung secara manual dengan Sextant akan menentukan posisi kapal sampai ke titik tujuan.

Alat ini digunakan apabila GPS (Global Positioning System) di kapal tidak berfungsi, sehingga untuk mengetahui posisi kapal secara manual dengan menggunakan Sextant.

Sementara itu semua peserta Cadet Sail juga dimasukkan dalam Divisi Jaga KRI agar mengenal tentang kehidupan yang ada di kapal, seperti bagaimana cara mengemudikan kapal layar tiang tinggi. Pada Pelayaran Asen Cadet Sail 2023 menggunakan KRI Bima Suci dibawah Komandan Letkol Laut (P) M. Sati Lubis dan juga diikuti oleh Perwira pendamping tiap-tiap negara perwakilan.

Posting Komentar

0 Komentar