Sidoarjo Puspenerbal (08/03) | TNI AL, Puspenerbal. Wakil Komandan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Ali Syahbana, S.M. CHRMP menghadiri upacara pembukaan gelar Opsgaktib dan Yustisi Polisi MIliter TA 2023, di  Lapangan Ahmad Yani Makodam V/Brw Jl. Raden Wijaya No. 1 Surabaya. Rabu, 08 Maret 2023.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Letkol Laut (PM) Fahrurrozi Dandenpom Lanudal Juanda.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun Anggaran 2023, Polisi Militer siap meningkatkan ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit, guna menjadi Patriot NKRI, dalam rangka mendukung Pembangunan Nasional” bertindak sebagai Irup Mayjend TNI Farid Makruf, M.A (Dankogartap III/Sby).

Upaya penegakan hukum dan disiplin  prajurit menjadi hal yang sangat penting.  Berdasarkan data laporan operasi gaktib dan  operasi yustisi Polisi Militer tahun 2022, masih  ditemukan adanya trend kenaikan jumlah  kasus dibandingkan tahun 2021. Kasus yang  menonjol adalah pelanggaran disiplin dan  tata tertib yang meningkat sebesar 50,6  %  dan pelanggaran pidana desersi sebesar  13,55 % meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini juga yang kemudian menjadi pertimbangan bagi TNI untuk tetap  menjadikan gelar operasi gaktib dan operasi  yustisi sebagai salah satu prioritas dalam  pembinaan personel di lingkungan TNI.

Bahwa pelaksanaan Upacara pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Polisi Militer TA. 2023 di Lapangan Ahmad Yani Kodam V/Brw merupakan rangkaian pelaksanaan upacara yang dilakukan secara terpusat oleh seluruh Prajurit POM TNI di seluruh Indonesia.