Surabaya, (27/03) | Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatn Laut  SMK KAL-1 pada bulan Ramadhan 1444 H bertepatan dengan  Senin (27/03/23) hingga Rabu  (05/04/23) melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diikuti oleh siswa kelas XII dari jurusan  Teknik Pemesinan/TPM, Teknik Kendaraan Ringan/TKR, Teknik Instalasi Tenaga Listrik/TITL, Teknik Audio Video/TAV.

Sebelum pelaksanaan USP di mulai,  Kasatdik/ Kepala Sekolah SMK KAL-1 Munawar , S.Pd  memberikan pengarahan kepada seluruh guru pengawas ujian (USP) yang akan segera digelar, diharapkan para guru pengawas tersebut dapat mengawal pelaksanaan USP dengan baik , karena USP ini merupakan salah satu dari persyaratan kelulusan siswa.  Peserta USP/ siswa harus dikawal mulai dari orang tuanya, wali kelas, seluruh guru, Kepala Bengkel, Kaprodi  dan para Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kesiswaan dan Sarpras agar pelaksanaan USP dapat terlaksana dengan baik.

Di tambahkan secara rinci  oleh Kasatdik bahwa persyaratan kelulusan  yang harus di penuhi oleh siswa SMK KAL-1 tertuang dalam SKEP / 383/II/2023 /SMK KAL-I tertanggal 16 Pebruari 2023 antara lain : Siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas X sampai dengan kelas XII dan memiliki nilai seluruh mata pelajaran, sesuai struktur kurikulum 2013 ,   memperoleh nilai sikap perilaku minimal baik,  tidak tersangkut masalah kriminal dan narkoba,  mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) , telah melaksanakan Praktek Kerja Industri, mengikuti USP untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan secara lengkap serta persyaratan lainnya.

Mata Pelajaran   selama USP meliputi Muatan Lokal yang terdiri dari PKn, Pendidikan Agama , Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia , Matematika dan Sejarah Indonesia. Muatan Kewilayahan yang terdiri dari : Seni Budaya,  PJOK. Muatan Peminatan Kejuruan terdiri dari  Dasar Bidang Keahlian yang meliputi  Simulasi dan Komunikasi Digital, Fisika dan Kimai,  Dasar Program Keahlian   dan Kompetensi Keahlian. Serta Muatan Lokal yang terdiri dari Bahasa Jawa dan Kebaharian.   

Seluruh siswa peserta USP SMK KAL-1  sudah hadir 30 menit sebelum pelaksanaan Ujian yang di mulai pada jam 08.00, mereka mendapat pengarahan di lapangan apel oleh pembimbing siswa  (Binsis) pada jam 07.30 dan guru wali kelas serta  Tim  IT SMK KAL-1, karena pelakasanaa USP  dilaksanakan secara online serta yang tidak kalah pentingnya adalah siswa harus menyelesaikan administrasi sekolah.

Pelaksanaan USP di bagi dalam 13 Ruangan dan secara online melalui HP masing-masing siswa, Namun SMK KAL-1 juga menyediakan Ruang Kompurter yang akan di gunakan bagi siswa yang mengalami kendala dengan HPnya.


(yth/dar)