Makasar, (06/03) | 96 Siswa-siswi yang tergabung dalam Marching Band  SD  Hang Tuah Makassar tampil memukau penonton dalam event  Sulawesi Open Marching Band Championship VI tingkat Se Indonesia Timur bertempat di GOR Sudiang Makassar, Senin . (06/03/23).

Kepala Sekolah SD Hang Tuah Makassar Arpin, S.Pd., M.Pd  sukses menampilkan performa Marching Band siswanya dihadapan para dewan juri Marching Band Championship dan berhasil meraih juara umum II Divisi Junior  (SD/MI Sederajat) Display.

Selain itu juga berhasil meraih berbagai juara dengan kategori  Juara 1 General Effect, Juara 1 Paramananda, Juara 2 Paramananda, Juara 3 Paramananda, Juara 2 Analisa Musik Ritmis , Juara 2 Display Marching Manufering , Juara 2 Analisa Musik Melodis , Juara 2 Colour Guard dan Juara 3 Gita Pati.

Dalam keterangannya  kepada awak media , Kepala SD Hang Tuah Makassar memberikan apresiasi kepada siswa-siswinya yang telah berhasil menjuarai event tersebut sehingga mengharumkan  nama Yayasan Hang Tuah. Keberhasilan ini tentunya merupakan buah dari latihan yang keras selama ini.

Menurutnya , metode melatih pada anak usia tingkat SD memang tidak mudah dan tentunya butuh waktu dan kesabaran. Pelatihan yang diberikan kepada siswa-siswi dimulai dari awal atau disebut first time yang artinya mereka yang dilatih ini sama sekali belum memiliki dasar di dunia marching band.

Adapun metode yang digunakan oleh para pelatih dengan cara melatih full time mulai dari melatih teknik musik marching band seperti (pianika dan perkusi) dan melatih pola serta  pormasi barisan, melatih teknik color guard, mayoret dan fill commander serta melatih display dan parade.

" Kami bersyukur, dengan hanya butuh waktu beberapa minggu latihan sebelum perlombaan mereka sudah dapat menerima dengan baik, saya merasa bangga dan terharu melihat penampilan dari peserta didik dan  berhasil meraih juara ke II di kejuaraan Sulawesi Open Marching Band Championship VI " pujinya.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P  saat menerima laporan dari Kapeng Makasar, turut berbangga bahwa Satdik Yayasan Hang Tuah di Wilayah Indonesia  Timur juga berprestasi dan berhasil mengukir sejarah sebagai juara pada event Marching Band Championship VI tingkat  SD/MI Se Indonesia Timur  tahun 2023.  Keberhasilan ini merupakan  buah manis perjuangan Kasatdik beserta seluruh guru dan karyawan di SD Hang Tuah Makasar, dan ini juga sejalan dengan  instruksi  Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah    Ny. Fera Muhammad Ali dan Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Wiek Ahmadi Heri agar  para Kasatdik dapat meningkatkan prestasi peserta didiknya baik prestasi akademik maupun non akademik.

Kepala Sekolah SD Hang Tuah Makassar tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua siswa-siswi atas partisipasi supporter dan dukungan terhadap kegiatan itu. "Semoga kreativitas anak didik saya ini tidak sampai disini dan semoga bisa lebih sukses dari hasil yang ada sekarang," tuturnya. Menurut penyelenggara event Sulawesi Open Marching Band Championship VI tersebut di ikuti pelajar Tingkat TK, SD dan SMP serta SMA/SMK se – Indonesia Timur .

Turut hadir meninjau  proses perlombaan siswa siswi SD Hang Tuah Makassar , Ketua Pengurus Cabang Makassar Yayasan Hang Tuah Letkol Laut (KH) Kamaruddin ,S.P.d, M.M. M.Han. beserta Pengurus Inti  Yayasan Hang Tuah Makassar.

(yht/dar)