Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

PERSONEL LANUDAL BIAK IKUTI PELATIHAN POTENSI SAR WATER RESCUE 2023

Sidoarjo Puspenerbal (14/03) | TNI AL. Puspenerbal. Lanudal Biak melibatkan dua orang personelnya mengikuti Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) yang digelar Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak Biak selama 7 hari terhitung mulai 13 Maret s.d 19 Maret 2023.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan Profesionalisme dan Sinergitas antar Potensi SAR dan merupakan program tahunan Kantor Pencarian dan Pertolongan yang mengikutsertakan lima puluh orang peserta latihan yang tergabung dari dua puluh enam instansi TNI/Polri maupun Forkopimda, diantaranya, Koopsud III, Korem 173/PVB, PAP I, Satpol Perairan, Satpol PP, BPBD, KSOP, RAPI, Dinas Sosial serta Dishub. Kegiatan pembukaan pelatihan dilaksanakan di Ballroom Swiss-Belhotel Cendrawasih, jl. Imam Bonjol, Biak Kota, Biak Numfor, Senin (13/03), yang turut dihadiri Pjs. Palaksa Lanudal Biak Letkol Laut (T) Rusdiyanto, S.T., M.Tr.Hanla mewakili Komandan Lanudal Biak.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Aris Sofingi, S.E., M.M mengungkapkan, selain merupakan program tahunan Kantor SAR, pelatihan tersebut dilaksanakan sekaligus sebagai langkah menyiapkan tenaga untuk mendukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang puncak acaranya akan dilaksanakan di kota Biak awal November mendatang.

Pembukaan latihan ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Asisten II Setda Biak Numfor, Lot Lois Yonsenem serta pengalungan tanda peserta latihan oleh Asisten II Setda Biak dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak kepada perwakilan peserta latihan. Usai pembukaan dilaksanakan pelatihan klasikal dengan materi Teknis Pencarian dan Pertolongan MFR (Medical First Responder), Pemindahan Korban, Pedoman Keselamatan di Air serta Defend and Release.


(Ar)

Posting Komentar

0 Komentar