Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Kenali Lingkungan Kodiklatal, Siswa Dikmaba TNI AL XLII Gelombang 2 Laksanakan Orientasi

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 13 Maret 2023 | Dalam rangka mengenali lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, sebanyak 468 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLII Gelombang 2 Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) melaksanakan orientasi sebelum mengikuti Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan). Senin, (13/03/2023).

468 orang siswa akan menempuh Diksargolan di lima Pusdik di jajaran Kodikdukum sesuai kejuruan mereka antara lain, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) 79 orang, Pusat Pendidikan Elektronika (Pusdiklek) 183 orang, Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) 150 orang,  Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpomal) 32 orang, dan Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) 24 orang.

Masa orientasi ini, merupakan kesempatan bagi Para Prajurit Siswa untuk mengenal Instruktur, Sarana Prasarana Pendidikan serta Lingkungan Sekolah, Pusdik, dan Kodik masing-masing. Pelaksanaan Orientasi Prajurit Kejuruan Pelaut dilaksanakan di Kodikopsla, Prajurit Marinir di Kodikmar Gunung Sari dan yang kejuruan Dukungan Umum yaitu Kejuruan Teknik, Elektro, Banmin dan Pomal di Kodikdukum. 

Para Siswa Dikmaba TNI AL XLII Gelombang II yang dibagi dalam tiga kelompok yakni Tim A Pusdiklek, Tim B Pusdikbanmin, serta Tim C Pusdiktek, Pusdikpomal dan Pusdikkes melaksanakan orientasi ke Puslatlekdalsen, Pusdikkes dan Puspeknubika.

Pada orientasi di Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Puslatletkadalsen), Para siswa menerima pengenalan simulator sigma dan ruangan-ruangan simulator yang ada di Puslatlekdalsen. Sementara di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) menerima pengenalan tentang cara evakuasi medis yang menggunakan tandu dan tanpa alat medis seperti mengangkat korban dengan tangan atau di panggul. 

Sedangkan saat di Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Bio dan Kimia (Puspeknubika) menerima pengenalan cara memandamkan kebakaran yang terjadi di kapal ataupun di pendirat, serta cara penggunaan alat Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

Sebelumnya saat pembukaan Diksargolan, Komandan Kodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo berpesan kepada Para Siswa Dikmaba  agar ilmu pengetahuan yang diberikan oleh para instruktur dan pelatih, baik didalam kelas maupun pelaksanaan latihan praktek, nantinya benar - benar diperhatikan dan dilaksanakan. Taati segala peraturan-peraturan yang ada selama mengikuti pendidikan ini agar tidak bermasalah atau menghambat proses belajar mengajar.


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar