Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Hari Ketujuh Bulan Suci Ramadhan, Warga Kodiklatal Dengarkan Ceramah Tentang Surat Al Baqarah

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 29 Maret 2023 | Memasuki hari ketujuh bulan suci Ramadhan 1444 H, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono didampingi Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi beserta Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal mengikuti Kauseri Agama Islam dengan penceramah Ustadz Dr. H. Mashudi, M.Ag., bertempat di Masjid Ibadurrahman Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu, (29/03/2023).


Dalam Tausiyahnya Tentang Kajian Al-Quran Surat Al Baqarah Ayat 1 dan 2, Ustadz H. Mashudi menyampaikan "Bahwa sebagai umat Islam kita wajib bersyukur, karena di bulan suci Ramadhan yang penuh barokah ini, Allah Subhanallah Wa Ta'ala  sudah memberikan nikmat yang sangat luar biasa, dimana keutamaan Bulan  Ramadan di antaranya adalah Allah Subhanallah Wa Ta'ala ingin menghapus dosa-dosa Hamba-Nya".
 
Menurut Ustadz H. Mashudi "Program Ramadhan itu ada lima yang perlu di telaah, yaitu : Pertama adalah Kurikulum Sholat, jadi di dalam bulan suci Ramadhan sholat itu menjadi sebuah kumpulan ibadah sampai dengan Sholat Tarawih. Kedua adalah Puasa,  Ketiga adalah diturunkannya Al-Qur’an di bulan Ramadhan atau dikenal dengan Nuzulul Qur’an,  Keempat adalah Lailatul Qadar, Insyaallah bagi yang berpuasa akan mendapatkan Lailatul Qadar. 
“Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang barokah, sehingga orang yang menjalankan puasa merupakan orang-orang pilihan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kemudian Kelima adalah di jauhkan dari api Neraka, itulah yang patut kita syukuri dalam menjalani bulan Ramadhan dengan penuh semangat dan tidak bermalas-malasan,” ujar Ustadz H.Mashudi.

Selain itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam menyampaikan dua hal yang harus dilaksanakan agar selamat dunia dan akhirat yakni Al-Quran dan Hadist merupakan pedoman dan landasan bagi kaum Muslimin dan Muslimah dalam menjalankan kehidupan, karena di dalamnya terdapat berbagai aturan, baik yang berhubungan dengan aturan dunia maupun akhirat. 

“Ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an, membimbing manusia ke jalan yang benar dan tidak tersesat, sehingga manusia memiliki kepercayaan maupun akidah yang benar serta lurus, peraturan dan hukum yang baik, serta akhlak mulia dan terpuji dalam mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat,” tambah Ustadz H. Mashudi asal Sidoarjo tersebut.

Turut hadir dalam kauseri agama kali ini yaitu Kapokgadik Brigjen TNI Marinir Ichwan Dargianto, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Para Direktur Kodiklatal, serta Para Pejabat Utama Kodiklatal lainnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar