Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Bekali Diri Sebagai Perwira Divisi di KRI, Taruna AAL Korps Pelaut Jalani Lattek Navigasi 2

AAL, Surabaya (1/3) | Kepala Departemen Pelaut Akademi Angkatan Laut (Kadeppel AAL) Kolonel Laut (P) Dr. Hendriman Putra bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara pembukaan latihan praktek (Lattek) Navigasi 2 bagi Taruna AAL tingkat II Korps Pelaut Angkatan ke-70 bertempat di gedung Bawean, Deppel AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (1/3).

Upacara pembukaan Lattek ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan Taruna AAL oleh Irup. Lattek yang diselenggarakan selama 10 hari kedepan ini diikuti sebanyak 68 Taruna AAL Korps Pelaut dibawah pimpinan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Kapten Laut (P) Pandu Indramanto.

Pada kesempatan tersebut Kadeppel AAL mengatakan bahwa tujuan kegiatan Lattek Navigasi 2 adalah untuk mendidik dan membekali para Taruna Korps Pelaut agar memiliki keterampilan tentang pelaksanaan prosedur navigasi dan penggunaan alat bantu navigasi saat pelayaran di alur sempit sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Perwira Divisi di KRI serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI/TNI Angkatan Laut.

“Saya tekankan bahwa esensi Latihan Praktek Navigasi 2 adalah belajar tentang perencanaan pelayaran, sistem perambuan, berlayar di alur sempit, dan PPTL yang merupakan bekal utama Taruna AAL sebagai calon Perwira Pelaut yang nantinya berdinas sebagai Perwira Jaga Laut di KRI”, ungkap Kadeppel AAL.

Lattek dilaksanakan di Bridge Simulator yang terletak di gedung Andromeda Deppel AAL dan on board di KAL Kadet 6 yang berlayar di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Selama latihan para Taruna mengikuti segala materi latihan yang mengacu pada cara-cara berlayar di alur, yang meliputi prosedur melewati alur sempit, sistem perambuan dan bahaya navigasi serta prosedur komunikasi di alur sempit, titik-titik referensi penentuan posisi dan prosedur papasan dan mendahului kapal.

Posting Komentar

0 Komentar