Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Asah Naluri Sebagai Prajurit Matra Laut, 250 Taruna AAL Tingkat I Praktek Layar Prajalasesya

AAL, (20/3) | Sejumlah 250 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-71 hari ini, Senin (20/3), melaksanakan pelayaran perdana dalam sebuah latihan praktek (Lattek) Prajaleasesya tahun 2023. Keberangkatan mereka secara resmi dilepas oleh Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Laksamana Pertama TNI Dato Rusman SN. dan segenap pejabat utama AAL di dermaga Madura, Koarmada II, Ujung, Surabaya.

Pelayaran para Taruna AAL berpangkat Kopral Taruna ini menggunakan dua kapal perang dari jajaran Koarmada II yaitu KRI Makassar-590 dan KRI Dewaruci serta menggunakan dua Kapal Angkatan Laut yaitu KAL Kadet-06 dan KAL Kadet-07 dengan menempuh rute pelayaran Surabaya – Semarang – Jakarta – kembali ke Surabaya selama dua pekan hingga tanggal 31 Maret mendatang.

Praktek Pelayaran Prajalasesya ini bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung kepada para Taruna tentang Dasar Kematraan, Tradisi Khas TNI AL dan Kehidupan Dinas Dalam di KRI pada saat berlayar serta menumbuhkan jiwa bahari dan kejuangan prajurit matra laut.

Selama pelayaran Taruna AAL Tingkat I Angkatan ke-71 akan dikenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan, seperti Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD) dan tradisi Khas TNI AL, data-data teknis dan jenis Peran di KRI, alat-alat kebaharian dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem keselamatan di kapal.

Pada kesempatan tersebut Wagub AAL memberikan pengarahan kepada para Taruna agar selama menjalani praktek pelayaran ini untuk selalu mematuhi aturan dan taat pada perintah para Pengasuh. Wagub AAL juga mengingatkan kepada Taruna manakala berinteraksi dengan masyarakat agar selalu menunjukkan sikap seorang Taruna AAL dengan menjaga sikap sopan santun dan tutur kata yang baik.

“Kalian adalah Kesatria, dimana apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan harus sama, dan saya berharap kalian nantinya lulus menjadi perwira yang tangguh, untuk itu diantara para Taruna harus saling mengingatkan dan saling melindungi”, pesan Wagub AAL.

Posting Komentar

0 Komentar