Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Diklat Paskibra SMK KAL-1, Kobarkan Semangat Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara

Surabaya, (29/01) | Selama dua hari 33 Siswa kelas X SMK KAL-1 (30 putra dan 3 putri) melaksanakan pendidikan dan latihan (Diklat) Paskibra yang di laksanakan di sekolah, upacara pembukaan dan penutupan berlangsung di halaman sekolah dengan Inspektur Upacara  Kastdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd (29/01/23).


 Kasatdik   SMK KAL-1 Munawar, S.Pd  dalam amanatnya menyampaikan bahwa seluruh peserta diklat wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang akan di laksanakan ,  kesemuanya menjadi bekal bagi siswa yang akan bergabung menjadi anggota pasukan pengibar bendera Paskibra PASKAL-1, dan diharapkan melalui diklat ini  akan lahir generasi muda yg jujur, bermoral dan berprestasi serta ber ahklak mulia


 Dengan tema  diklat  “Generasi Millenial Pemuda Emas” seluruh peserta akan mendapat tempaan  beberapa desiplin ilmu, antara lain kedesiplinan, kepemimpinan,   pengetahuan teori baris berbaris, tata upacara, pemberian motivasi  yang diharapkan akan memenuhi tuntutan sebagai generasi Emas yang sangat di nanti-nantikan.


Lebih rinci selaku Kasatdik berharap agar sebagai anggota Paskibra/PASKAL-1 akan dapat mewarisi torehan sejarah Pahlawan  Nsioanal Ki Hajar Dewantara ”Ing Ngarso Sung Tulodo-di depan memberi contoh, Ing  Madya Mbangun Karso-di tengah memberikan semangat, Tut Wuri Handayani-di belakang selalu memberikan dorongan”. 


Inilah tiga hal yang sangat perlu tertanam dalam kepribadian seorang PASKAL-1   , sehingga dengan telah resmi  menjadi anggota PASKAL-1 mereka akan banyak berbuat yang positif, memberikan contoh kepada teman sesame siswa SMK KAL-1.


Berbagai disiplin ilmu menjadi pembahasan selama diklat, lebih-lebih lagi pengetahuan baris berbaris/PBB yang meliputi Peraturan Baris Berbaris   ( PBB ), pengertian PBB , pengenalan dan praktek  12 gerakan dasar di tempat, pengenalan &  praktek gerakan berjalan, sikap dalam PBB, pemantapan dan penyempurnaan praktek gerakan PBB . Kesemua materi tersebut di sapaikan oleh para pengasuh yang terdiri dari 16 mentor dan 18 seniornya dengan pengawasan ketat arsitek paskibra PASKAL-1 Eriko Punguh Frebriansah yang juga merupakan mantan siswa PASKAL-1 angkatan ’6. 

Setelah menempuh seluruh materi ,  seluruh siswa  secera simbolis di laksanakan pembaretan yang di laksanakan saat upacara penutupan oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, SPd yang di saksikan oleh seluruh orang tua peserta diklat paskib yang sengaja di hadirkan ke sekolah  sehingga sebagai orang tua siswa benar-benar tahu kiprah anaknya di PASKAL-1 SMK KAL-1 . Sesaat  setelah upacara penutupan diklat paskibra, seluruh orang tua langsung berhamburan  menghampiri puta-putri kesangannya untuk  memberikan ucapan selamat serta berkesempatan mengabadikan  dalam sebuah foto maupun video pribadinya.


Sebagai penutup rangakaian acara diklat pasbkibra SMK KAL-1, di tampilkan demontrasi Drum Band Anjara Samudera SMK KAL-1 yang anggotanya rata-rata dari  berasal paskibra.


(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar