Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

SMA Hang Tuah Belawan Terjunkan Siswa ke Pelayaran Pembentukan Karakter Maritim (PPKM)

Belawan, (11/12) | SMA Hang Tuah Belawan pekan ini selesai mengikuti kegiatan Pelayaran Pembentukan Karakter Maritim di KRI  Teluk Palu  523  dalam rangkaian Sail Tidore  2022 ke Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

Rangkaian  Sail Tidore  di mulai 15 November hingga 07 Desember  dengan mengambil route  Jakarta- Makasar- Ternate- Tidore Kepulauan Maluku Utara melibatkan  generasi muda yang tergabung dalam Saka Bahari  dari berbagai Provinsi yang di harapkan akan mampu membentuk karakter maritim  yang tangguh.

Kasatdik SMA Hang Tuah Belawan m Drs. Drs. Isnadi menuturkan kepada awak media bahwa  pada pelayaran PPKM  ini menerjunkan 3 perwakilan siswanya  yang merupakan siswa terpilih dari siswa  Pramuka Bahari yang berada di SMA Hang Tuah Belawan ,  ke 3 Siswa  tersebut itu adalah ,Samuel Kristian Tiljuir XII IS-3, Nicholas Divine Siahaan X Mia- 3 dan  Salwani Algini Bulqist XI Mia 2 dengan pendamping Pamen Dispotmar Lantamal I Mayor Tri  Hendarjatmo selaku Majelis Pembimbing Saka Bahari Kwartir Cabang Kota Medan dimana sehari sebelum keberangkatannya  Komandan Pangkalan Utama TNI AL I Laksma TNI Johanes Djanarko Wibowo telah menyampaikan penarahannya di Mako Lantamal I yang di dampingi Kapeng dan jajaran Pengurus Inti  Cabang Belawan Yayasan Hang Tuah serta Kasatdik SMA Hang Tuah Belawan.

Puncak Acara Sail Tidore 2022, yang dilaksanakan dii Pantai Tugulufa Tidore Kepulauan Maluku Utara, dimana pada saat pembukaan Sail Tidore 2022 tersebut, ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Sabtu (26/11/22).

Hadir mendampingi Menko Marves yaitu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba serta pejabat tinggi lainnya.

Peserta Sail Tidore dari Saka Bahari  tentu saja mendapat pelajaran yang sangat berharga pada pelayaran tersebut, tradisi kehidupan di TNI Angkatan Laut juga diperkenalkan selama dalam pelayaran sehingga mereka akan lebih mengenal  sosok TNI AL bahkan tugas dan tanggung jawabnya  dalam menjaga keutuhan NKRI juga di sampaikan. 

Dengan dilibatkannya Pramuka Saka Bahari yang merupakan binaan langsung dari TNI AL/ Dispotmar di seluruh Lantamal , diharapkan kedepan generasi pramuka Saka Bahari akan   memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan dalam bidang kebaharian, menumbuh kembangkan rasa cinta bahari pada khususnya dan tanah air Indonesia pada umumnya, dapat menyikapi dan berpikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan hidup, terutama menyangkut kebaharian dan mampu menyelenggarakan kegiatan di bidang kebaharian secara positif berdaya guna dan tepat guna.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar