Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

Kepedulian Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY membantu mengatasi kesulitan masyarakat

Merauke |  Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Pos Bupul 12 yang berada di Kp. Baidub Bupul XII Distrik Ulilin membantu masyarakat pangkur sagu untuk bahan makanan pokok sehari-hari, kegiatan ini di pimpin langsung oleh Danpos Bupul 12 Sersan Kepala Nanang Oki Mashuda beserta 9 orang anggotanya, Hari Jum’at (16/12/2022).

Pangkur sagu adalah sebuah proses pembuatan dari mulai memilih pohon sagu yang sudah cukup tua untuk ditebang, kemudian dikuliti, batang pohon sagu yang telah dikuliti kemudian dipukul atau di tumbuk menggunakan batang kayu hingga berbentuk serbuk kasar,  Serbuk kasar itu akan disaring dengan menggunakan "Goti".


Goti merupakan saringan yang terbuat dari anyaman dari sela-sela pohon sagu, sagu yang disaring itu kemudian dicampur dengan air dan diperas hingga keluar sari pati sagu yang kemudian diendapkan di dalam Tumang yang terbuat dari daun pohon sagu.


Bapak Linus Kabaljai (44) warga masyarakat Kp. Baidud Bupul XII Distrik Ulilin mengucapkan "Terimakasih banyak kepada Danpos Bupul 12 beserta anggotanya dan kami sangat senang sekali karena baru kali ini ada anggota TNI yang mau membantu masyarakat di kebun untuk pangkur sagu".


Danpos Sersan Kepala Nanang Oki Mashuda mengucapkan "Kegiatan ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya kami lakukan dan kami menjadi tau bagaimana proses pangkur sagu mulai dari menebang pohon sagu sampai proses pengendapan, kami sangat senang sekali bisa langsung ke kebun membantu saudara kami yang ada di Kp. Baidub Bupul XII Distrik Ulilin Merauke.


Kegiatan membantu masyarakat pangkur sagu ini merupakan salah satu wujud Kepedulian sekaligus menjalin kedekatan dan untuk mempererat Tali Silaturahmi dengan warga masyarakat di Wilayah Binaan."

Posting Komentar

0 Komentar