Right Button

test banner Selamat Datang di Website Redaksi Kabar Militer

33 Satuan Pendidikan Beradu Dalam Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah

Surabaya, (11/12) | Satu bulan menjelang Puncak HUT Yayasan Hang Tuah ke -76 yang akan jatuh 14 Januari 2023, berbagai kegiatan lomba sudah di mulai di gelar, tidak ketinggalan Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah yang  sudah di mulai sejak  Senin,(05/12/22) hingga Selasa,(13/12/22) di ikuti oleh 33 satuan pendidikan yang berada di naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah. 

Satuan Pendidikan yang mengikuti lomba tersebut menurut Ketua Cabang  Surabaya Yayasan Hang Tuah  Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  terdiri dari 33 Satdik/ sekolah , yang meliputi 14 satdik tingkat TK, 8 satdik tingkat SD, 5 satdik tingkat SMP , dan 6 satdik tingkat SMA / SMK KAL yang kesemuanya berada di Wilayah Surabaya-Sidoarjo.

Menurut Panitia Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah  Dra. Ramayanti dengan tim penilai/ juri yang terdiri dari  Dra. Lina Nurbaini ,  Wiwik Sayekti, S.Pd dan Ida Farida, S.Pd , tujuan diadalan lomba ini adalah untuk  menumbuhkembangkan budaya bersih di lingkungan satuan Pendidikan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah , turut serta dalam mengembangkan budaya bersih  di lingkungan sekolah, menumbuhkembangkan sikap dan perilaku hidup bersih pada komunitas di lingkungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah,  mengajarkan kepada peserta melalui satdik masing-masing tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan tidak kalah pentingnya adalah memberi motivasi  peserta didik melalui satdik masing-masing tentang pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. 

Pada saat ini ada satu satdik tingkat SD yang merupakan SD dengan predikat terbersih ( SD Hang Tuah 10 Juanda) yang sudah berulang kali memenangkan Lomba Kebersihan  Lingkungan Sekolah Tingkat Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah, sehingga pada periode ini tidak ikut serta dalam lomba tersebut. Dan Tim penilai Lomba Kebersihan Lingkungan Sekoah di ambilah dari SD Hang Tuah 10 Juanda yang tidak ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Tiga guru yang menjadi Tim Juri tersebut antara lain, Dra. Lina Nurbaini,  Wiwik Sayekti, S.Pd,  Ida Farida, S.Pd. Mereka sudah bekerja maksimal dalam rangka menilai kondisi satdik-satdik pengikut Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah yang di mulai Senin,(05/12/22) dan akan berakhir Selasa,(13/12/22).

Penilaian dari tim juri dimulai dari TK Hang Tuah 4, TK HT 22, SD Hang Tuah 9, SMP HT 5, SMA HT 5, TK HT 10, SMP HT 6, SD HT 11, TK HT 5, SMA HT2, TK HT 8, SD HT 8, SMP HT.2, SD HT7, TK HT.1, SD HT.1, SMP HT.1, SMA HT.4, TK HT 11, TK HT 2, SMP HT 4, SMA HT 1, SMK KAL-1, SMK KAL-2, TK HT 3, TK HTN9, TK HT 12, SD HT 3, SD HT 12, TK HT 6, TK HT 18 dan SD Hang Tuah 6.

Kriteria penilaian terdiri dari :  Gedung / Daya Dukung sarana UKS,  Sarana Sanitasi,  Halaman dan pekarangan.  Dari ketiga kriteria tersebut masing-masing di urai dalam beberapa  bagian sehingga secara detail kondisi kebersihan sekolah dan linkugannya benar adanya sesuai yang telah di tentukan oleh Panitia.

Berapa bagian yang menjadi moment penilaian antara lain :  kebersihan ruang Kepala Sekolah mulai dari dinding, lantai,  meja , ventilasi, penerangan/ pencahayaan,  Ruang Guru, Ruang Kelas, Ruang Perpustakaan, Ruang UKS beserta perlengkapannya,  Kantin Sekolah dan  Tempat Ibadah.

(yht | dar)

Posting Komentar

0 Komentar